Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Percepat Pelangsingan, Lakukan 4 Hal Ini Saat Istirahat Siang

Kompas.com - 01/04/2014, 11:00 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis


KOMPAS.com — Sesibuk apa pun pekerjaan Anda, waktu istirahat makan siang adalah kesempatan untuk relaks, mengembalikan energi dan konsentrasi, bahkan mempercepat usaha penurunan berat badan yang sedang dilakukan.

Berikut adalah empat tips untuk membantu Anda mencapai target tubuh lebih langsing dan sehat. Anda bahkan bisa melakukannya di meja kerja.

1. Olahraga untuk mempercepat metabolisme

Jika Anda bisa meluangkan waktu 20 menit pada siang hari, tak ada salahnya melakukan olahraga singkat. Ada banyak jenis latihan yang tidak terlalu lama dan tidak membuat Anda berkeringat. Misalnya saja berlatih squat dengan dumbel selama beberapa set. Cara lain adalah dengan berjalan-jalan di sekitar kantor. Berjalan kaki beberapa menit akan melancarkan kembali aliran darah dan melemaskan otot-otot yang kaku. Manfaatkan program di smartphone untuk merekam dan menghitung kalori yang Anda keluarkan untuk setiap aktivitas fisik yang Anda lakukan.

2. Meditasi penghalau stres

Mengelola stres tidak hanya akan meningkatkan produktivitas kerja, tetapi juga membantu menurunkan berat badan. Untuk melakukannya, Anda tak perlu melipat kaki dan duduk dalam posisi meditasi. Cukup pejamkan mata selama 5 menit dan bernapas dalam akan membantu Anda lebih tenang dan menurunkan hormon stres.

3. Mencari camilan sehat

Jika Anda termasuk orang yang sering lapar di sela-sela pekerjaan, gunakan waktu makan siang untuk mencari camilan sehat. Anda bisa mampir ke tukang buah atau ke toko serba ada untuk mencari panganan kaya serat yang bisa membuat perut lebih lama kenyang, misalnya membeli sandwich dengan isi ikan dan sayuran.

4. Mengunggah foto "selfie"
Sebelum Anda kembali ke meja, carilah tempat dengan latar yang menarik dan memotret diri sendiri. Unggah foto selfie tersebut ke media sosial. Penelitian menunjukkan, foto selfie yang memperlihatkan usaha penurunan berat badan Anda mulai berhasil akan membuat Anda semakin termovitasi. Namun, jangan edit foto tersebut agar Anda terlihat lebih langsing ya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com