Kompas.com - 01/04/2014, 11:00 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com — Sesibuk apa pun pekerjaan Anda, waktu istirahat makan siang adalah kesempatan untuk relaks, mengembalikan energi dan konsentrasi, bahkan mempercepat usaha penurunan berat badan yang sedang dilakukan.

Berikut adalah empat tips untuk membantu Anda mencapai target tubuh lebih langsing dan sehat. Anda bahkan bisa melakukannya di meja kerja.

1. Olahraga untuk mempercepat metabolisme

Jika Anda bisa meluangkan waktu 20 menit pada siang hari, tak ada salahnya melakukan olahraga singkat. Ada banyak jenis latihan yang tidak terlalu lama dan tidak membuat Anda berkeringat. Misalnya saja berlatih squat dengan dumbel selama beberapa set. Cara lain adalah dengan berjalan-jalan di sekitar kantor. Berjalan kaki beberapa menit akan melancarkan kembali aliran darah dan melemaskan otot-otot yang kaku. Manfaatkan program di smartphone untuk merekam dan menghitung kalori yang Anda keluarkan untuk setiap aktivitas fisik yang Anda lakukan.

2. Meditasi penghalau stres

Mengelola stres tidak hanya akan meningkatkan produktivitas kerja, tetapi juga membantu menurunkan berat badan. Untuk melakukannya, Anda tak perlu melipat kaki dan duduk dalam posisi meditasi. Cukup pejamkan mata selama 5 menit dan bernapas dalam akan membantu Anda lebih tenang dan menurunkan hormon stres.

3. Mencari camilan sehat

Jika Anda termasuk orang yang sering lapar di sela-sela pekerjaan, gunakan waktu makan siang untuk mencari camilan sehat. Anda bisa mampir ke tukang buah atau ke toko serba ada untuk mencari panganan kaya serat yang bisa membuat perut lebih lama kenyang, misalnya membeli sandwich dengan isi ikan dan sayuran.

4. Mengunggah foto "selfie"
Sebelum Anda kembali ke meja, carilah tempat dengan latar yang menarik dan memotret diri sendiri. Unggah foto selfie tersebut ke media sosial. Penelitian menunjukkan, foto selfie yang memperlihatkan usaha penurunan berat badan Anda mulai berhasil akan membuat Anda semakin termovitasi. Namun, jangan edit foto tersebut agar Anda terlihat lebih langsing ya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.