Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/04/2014, 13:55 WIB
Unoviana Kartika

Penulis

KOMPAS.com — Gigi yang sehat merupakan cerminan kesehatan tubuh secara umum. Salah satu kriteria gigi sehat adalah bebas dari karies atau gigi berlubang. Untuk menghindarinya, selain melakukan perawatan gigi rutin, Anda pun sebaiknya tidak minum minuman dengan derajat keasaman (pH) rendah secara berlebihan.

Pakar biokimia pangan dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Puspo Edi Giriwono menjelaskan, minuman asam yang memiliki pH berkisar 2,4-4,0, seperti minuman berkarbonasi, minuman diet buah-buahan, jus lemon, dan minuman asam lainnya, dapat menurunkan pH air liur.

"AIr liur yang terlalu asam itulah yang mempermudah terjadinya kerusakan enamel gigi atau lapisan terluar pada gigi," jelasnya dalam sebuah talk show yang diadakan Asosiasi Industri Minuman Ringan (ASRIM) di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Kerusakan enamel gigi jika dibiarkan akan membuat keadaan gigi berlubang. Padahal gigi berlubang dapat menjadi akar dari penyakit-penyakit lainnya. Ini berhubungan dengan risiko masuknya mikro-organisme penyebab penyakit ke dalam gigi.

Bagian dalam gigi berhubungan langsung dengan sistem transportasi tubuh sehingga masuknya mikro-organisme pada gigi berpotensi besar untuk menyebabkan infeksi di tubuh secara keseluruhan.

Karena itu, Puspo menyarankan untuk membatasi asupan minum-minuman asam. Namun ia juga menekankan untuk tidak menyalahkan minuman asam secara tunggal dalam hal kerusakan gigi. Menurutnya, kerusakan gigi dipengaruhi oleh multifaktor.

"Dari studi klinis ini menunjukkan bahwa rusaknya enamel gigi lebih disebabkan karena faktor lainnya yang memudahkan keasamaan air liur meningkat dengan cepat, misalnya konsumsi makanan tertentu," terangnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com