Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/04/2014, 11:31 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Sumber yahoo news

KOMPAS.com -- Sebagai atlet, strategi energi Anda mungkin melibatkan empat jenis minuman, yakni air, susu, minuman protein, serta minuman energi. Tetapi, studi menunjukkan, secangkir kopi pada pagi hari bisa bermanfaat untuk stamina.

Kopi bukan hanya bermanfaat untuk para atlet, melainkan juga mereka yang termasuk "gila olahraga".

1. Mengurangi rasa sakit
Berlatih olahraga dengan keras hingga membuat otot sakit mungkin sudah jadi bagian sehari-hari para atlet. Ternyata kopi bisa menurunkan rasa sakit tersebut. Penelitian tahun 2009 menyebutkan, kafein yang dikonsumsi dalam jumlah moderat sebelum berolahraga bisa mencegah rasa sakit pada otot.

2. Mengurangi pegal setelah olahraga
Setelah berolahraga, terkadang tidak hanya rasa bugar yang kita rasakan, tetapi juga sakit pada otot-otot. Kopi diketahui bisa menurunkan rasa sakit hingga 48 persen.

3. Mengembalikan energi
Minuman protein (protein shake) menjadi minuman para atlet setelah berlatih. Studi tahun 2008 menyebutkan, para atlet yang minum kopi setelah berolahraga memiliki glikogen otot 66 persen lebih tinggi dibanding yang hanya mengonsumsi plasebo. Glikogen otot ini bisa membantu kita lebih berenergi untuk latihan selanjutnya.

4. Menunda rasa lelah
Menyesap nikmatnya kopi ternyata bisa membantu menunda timbulnya rasa lelah. Mereka yang tidak mengonsumsi kopi diketahui lebih cepat lelah setelah berlatih sehingga secara psikologis lebih siap untuk berlatih lagi.

5. Menurunkan berat badan
Selain mengonsumsi makanan rendah kalori dan berolahraga, percepat usaha penurunan berat badan Anda dengan kopi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com