Kompas.com - 07/04/2014, 16:38 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com — Banyak orang yang masih ragu untuk menikah, padahal menikah memiliki banyak manfaat bagi kesehatan psikologis dan mental. Salah satunya adalah menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Sebuah studi yang melibatkan 3,5 juta orang dewasa di Amerika menunjukkan, mereka yang menikah memiliki peluang sakit jantung lebih rendah dibandingkan mereka yang masih lajang, bercerai, atau yang pasangannya meninggal dunia.

"Hasil survei tersebut menunjukkan dengan jelas, jika menyangkut dengan kesehatan jantung, status pernikahan berperan," kata dr Carlos Alviar, ketua peneliti. Ia menekankan bahwa penelitian ini adalah studi terbesar yang meneliti kaitan antara pernikahan dan kesehatan jantung.

Salah satu hal yang membuat kesehatan jantung orang yang menikah lebih terjaga, antara lain, pasangan kita bisa langsung menghubungi dokter atau menyiapkan transportasi ke rumah sakit jika terjadi sesuatu dengan jantung. Pasangan yang sudah menikah juga lebih termotivasi untuk menjalankan hidup sehat.

Dalam studi tersebut, risiko penyakit jantung orang yang menikah 5 persen lebih rendah. Angka tersebut lebih besar pada pasangan berusia muda.

Hasil studi juga menunjukkan, jumlah perokok terbanyak ada pada mereka yang bercerai, dan yang paling rendah pada orang yang pasangannya meninggal. Obesitas terutama ditemukan pada mereka yang lajang dan bercerai. Sementara itu, pada mereka yang pasangannya meninggal, banyak ditemukan kasus penyakit diabetes, kurang olahraga, dan hipertensi.

Penelitian ini dilakukan antara tahun 2003 dan 2008 dengan penyaringan data mencapai 20.000 di 50 negara bagian. Usia rata-rata responden adalah 64 tahun, dan 63 persen adalah wanita.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.