Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/04/2014, 16:35 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis



KOMPAS.com -
Seiring meningkatnya gaya hidup masyarakat perkotaan yang tidak sehat, kecemasan akan kenaikan kadar kolesterol makin banyak dirasakan orang. Wajar saja, kadar kolesterol jahat yang tinggi merupakan salah satu penyebab penyakit jantung dan stroke.

Secara medis, jika kadar kolesterol jahat (LDL) seseorang berada di bawah 159mg/dL, maka ia dinyatakan sehat, sementara 160-189mg/dL dianggap tidak sehat. Jika Anda termasuk yang memiliki kadar kolesterol tinggi, segeralah mengubah pola makan dan gaya hidup.

Salah satu cara menurunkan kadar kolesterol secara alami tanpa bantuan obat-obatan adalah dengan rutin mengonsumsi kacang-kacangan.

Hasil studi terbaru di Kanada menyebutkan, kadar kolesterol jahat turun sampai 5 persen pada orang yang makan satu sajian kacang-kacangan setiap hari selama 6 minggu. Satu sajian setara dengan tiga perempat cangkir kacang-kacangan.

"Ketika kami bandingkan kacang, buncis, lentil, dan kacang polong, ternyata tidak ada perbedaan pada efek penurunan kolesterol dari berbagai jenis kacang-kacangan tersebut" kata Vanessa Ha, koordinator peneliti dari St.Michael Hospital, Toronto, Kanada.

Penelitian ini mengevaluasi data yang dikumpulkan dari 26 uji klinis yang melibatkan 1.037 pria dan wanita berusia pertengahan. Efek mengonsumsi kacang terhadap kolesterol lebih terlihat pada pria, mungkin karena pria memiliki kadar kolesterol lebih tinggi atau pola makannya lebih buruk saat studi ini dimulai.

Mengonsumsi kacang-kacangan setiap hari bisa memperbaiki kadar kolesterol dengan dua cara berbeda. Yang pertama adalah mengganti makanan yang semua mungkin tidak baik untuk jantung, misalnya makanan tinggi lemak jenuh (daging merah atau keju) dan makanan dengan kadar glikemik tinggi (nasi dan roti putih).

Yang kedua, kacang-kacangan merupakan sumber terbaik untuk serat, protein nabati, vitamin, dan mineral, yang berpengaruh pada penurunan kolesterol.

Meski begitu, belum banyak orang yang terbiasa mengonsumsi kacang-kacangan. Namun, kita bisa meningkatkan jumlahnya, antara lain dengan memasukkan kacang dalam sup, salad, atau panganan lain.

Penelitian lainnya juga menunjukkan, orang yang mengganti pola makannya dari yang kurang sehat menjadi makanan tinggi serat dan rendah lemak jenuh, mengalami penurunan kolesterol sampai 10 persen. Jika kacang-kacangan dimasukkan dalam pola makan tersebut, penurunannya bisa dimaksimalkan 5 persen lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com