Kompas.com - 15/04/2014, 14:34 WIB
|
EditorLusia Kus Anna
 

KOMPAS.com -
Ejakulasi dini tentu akan merusak kehidupan cinta pasangan suami istri karena kepuasan seksual sulit dicapai. Namun dengan latihan pelvis, mungkin kondisi tersebut dapat diperbaiki.
 
Menurut sebuah studi baru, ejakulasi dini yang diartikan ejakulasi yang terjadi dalam waktu kurang dari satu menit berhubungan, terjadi pada banyak pria dalam suatu titik dalam kehidupan mereka. Meskipun sudah ada terapinya, namun tidak semua pria mendapatkan manfaat perbaikan.
 
Dalam studi tersebut dilibatkan 40 pria berusia 19-46 tahun dengan ejakulasi dini jangka panjang yang telah mencoba berbagai terapi, seperti krim, antidepresan, dan terapi perilaku, namun belum berhasil. Kemudian mereka berlatih latihan otot lantai pelvis selama 12 minggu.
 
Saat studi baru dimulai, rata-rata pria ejakulasi setelah 32 detik berhubungan seksual. Setelah dilakukannya latihan, waktu ejakulasi meningkat menjadi hampir 2,5 menit. Artinya perbaikannya mencapai empat kali lipat dalam tiga bulan program latihan.
 
Berdasarkan studi yang dipresentasikan dalam Eupean Congress of Urology di Stockholm tersebut, hanya ada lima pria dalam studi ini yang tidak mendapat manfaat dari terapi tersebut.
 
"Ini merupakan studi kecil, sehingga efeknya pun perlu diverifikasi terlebih dahulu ketika menyasar pada populasi yang lebih besar," ujar ketua studi Antonio Pastore dari Sapienza University of Rome.
 
Ia mengatakan, latihan rehabilitasi lebih mudah dilakukan, serta tanpa efek samping. Latihan otot lantai pelvis sebelumnya banyak digunakan oleh pasien kanker prostat setelah dioperasi untuk mengatasi inkontinensi urine.
 
"Metode pelatihan otot lantai pelvis sebelumnya pernah dilakukan pula pada pria dengan ejakulasi dini sementara, namun baru kali ini diuji coba bagi pria dengan ejakulasi dini dalam waktu lama," ungkapnya.
 
Berdasarkan penelitian tersebut, ditemukan pula manfaat latihan otot lantai pelvis secara psikologi, yaitu para pria menjadi lebih percaya diri. Kondisi itu akan membuat kehidupan cintanya pun makin bergairah.
 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber HEALTHDAY

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.