Pilihan Terapi Gagal Ginjal Hanya Cuci Darah?

Kompas.com - 20/04/2014, 11:42 WIB
Ilustrasi metode cuci darah. shutterstockIlustrasi metode cuci darah.
EditorLusia Kus Anna

TANYA:

Ibu saya menderita penyakit diabetes, sudah tiga kali masuk rumah sakit. Setiap kali masuk rumah sakit gula darahnya sampai 600. Saat ke tiga kalinya ibu saya didiagnosa terkena ginjal, itu terbukti pada hasil laboratorium. Pada saat itu juga dokter menyarankan untuk cuci darah.  Tetapi kami tidak setuju karena cuci darah yang saya ketahui kesempatannya kecil dan perlu mengeluarkan uang cukup banyak.

Yang saya tanyakan apakah cuci darah jalan satu-satunya untuk mengobati ibu saya? Bagaimana efek yang ditimbulkan jika ibu saya tidak cuci darah, bagaimana solusi dan pengobatan yang aman /tanpa efek samping untuk ibu saya dok? Terimakasih.

(Ratu Linda Nurhayati-Cirebon)

JAWAB:

Saudari Ratu Linda Nurhayati di Cirebon yth:

Seperti diketahui bahwa diabetes melitus merupakan salah satu penyebab utama gagal ginjal. Di Amerika Serikat sebagian besar mereka yang mengalami hemodialisis (cuci darah) adalah penyandang diabetes melitus. Di  Indonesia  diabetes ini sebagai nomor 2 terbanyak gagal ginjal yang pada akhirnya menjalani cuci darah

Sesuai dengan pertanyaan Saudari, "apakah cuci darah jalan satu-satunya untuk mengobati Ibu Saya?"

Cuci darah pada penderita gagal ginjal, apapun penyebabnya adalah sebagai terapi pengganti ginjal yang sudah mengalami kerusakan struktur dan fungsinya sampai pada derajat, atau tahap tertentu. Bila ginjal yang sudah mengalami hal ini tidak digantikan fungsinya, kerjanya, maka sisa-sisa sampah proses metabolisme tubuh,  toksin seperti urea, kreatinin, kelebihan cairan, dan sebagainya akan menumpuk dalam tubuh.

Kondisi ini dapat menyebabkan bermacam keluhan, seperti sesak nafas, mual, muntah, tubuh bengkak, hipertensi dan bahkan kematian mendadak. Jadi, bila Ibu Saudari kalau memang sudah mengalami gagal ginjal yang harus menjalani cuci  darah, sesuai dengan rekomendasi dokter yang merawat,  keluhan itu akan dialaminya.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X