Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/04/2014, 10:48 WIB
Unoviana Kartika

Penulis

Sumber foxnews

KOMPAS.com - Ada banyak cara untuk membantu Anda meraih berat badan yang diinginkan. Tetapi yang paling efektif adalah mengurangi asupan kalori. Sebuah studi baru menemukan, mengubah warna piring dapat menghentikan keinginan Anda untuk makan berlebihan.

Laju obesitas yang terus bertambah membuat para peneliti terus mencari solusi untuk mencegah konsumsi makanan berlebihan. Sebuah studi menemukan, kontras warna antara makanan dan piring dapat mempengaruhi banyak sedikitnya makanan yang orang ambil ke piringnya.

Sebagai contoh, jika makan spaghetti dengan saus berwarna merah, orang yang memakai piring merah cenderung untuk mengambil lebih sedikit daripada orang yang memakai piring putih. Sebaliknya, jika makanan disajikan dengan saus warna putih, orang dengan piring putih lah yang mengambil lebih sedikit.

Studi tersebut kemudian membuat peneliti melakukan studi lanjutan untuk menentukan pengaruh warna piring pada konsumsi makanan. Benarkah orang cenderung makan lebih sedikit saat makan di piring yang berwarna hampir sama dengan makanannya?

Studi baru yang dipublikasi dalam jurnal Appetite yang merupakan studi lanjutan itu pun justru menemukan, warna merah lah sebenarnya yang mengurangi keinginan makanan berlebihan. Sehingga memakai piring berwarna merah akan membantu mengurangi berat badan.

"Tidak hanya mengurangi kecenderungan makan makanan warna merah lebih sedikit, namun piring warna merah juga memiliki efek serupa pada makanan dengan warna lainnya," kata peneliti.

Studi asal Italia tersebut menemukan, semua makanan yang disajikan di piring merah dimakan lebih sedikit dibandingkan makanan yang disajikan di piring warna lain, misalnya biru atau putih. Peneliti mengatakan, kenikmatan makanan yang disajikan di piring merah akan berkurang untuk makanan-makanan tertentu.

Menurut peneliti, warna dapat mempengaruhi emosi seseorang dan memicu reaksi dan perilaku tertentu. Misalnya, merah seringkali dikaitkan dengan "berhenti" dan "bahaya". Selain itu merah juga sering dikaitkan dengan romansa, seperti mawar merah, lipstik merah, atau gaun merah.

Kendati demikian, studi ini masih memiliki keterbatasan. Dalam studi ini, responden tidak diberi tahu lebih dulu efek dari warna piring terhadap konsumsi makanan mereka. Sehingga belum jelas efektivitas penggunaan piring merah untuk menekan nafsu makan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com