Kompas.com - 24/04/2014, 14:36 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com — Protein tersusun dari asam-asam amino. Makanan hewani mengandung asam amino yang lengkap untuk berbagai kebutuhan fungsi tubuh. Karena itulah, produk hewani lebih disarankan untuk mendapatkan protein. Sumber protein hewani yang bisa kita andalkan antara lain telur, daging, ikan, juga daging unggas.

Ketahui kandungan protein dari setiap protein hewani ini.

- Telur
Dalam 100 gram saja, telur rebus mengandung 12,58 gram protein. Telur orak-arik mengandung lebih sedikit lagi, hanya 10 gram protein per 100 gram. Kedua jenis sajian telur ini mengandung lebih sedikit protein dibandingkan dengan daging segar. Dalam 100 gram daging terkandung 21 gram protein. Kuning telur mengandung protein paling banyak dibanding putih telur, tetapi di dalamnya juga terdapat lemak jenuh dan kolesterol.

- Daging merah
Daging merah segar yang biasa dipakai untuk membuat hamburger mengandung 100 gram dan 10 persen lemak mengandung 25,21 gram protein. Daging domba tanpa lemak mengandung sekitar 28,22 gram protein dalam ukuran 100 gram. Walau daging mengandung lebih banyak protein dibanding telur, konsumsilah daging dalam jumlah sedang.

- Daging unggas
Dari 100 gram ayam panggang, kita bisa mendapatkan sekitar 25 gram protein. Adapun pada daging kalkun jumlahnya sedikit lebih banyak, yakni 29 gram. Meski jumlahnya lebih banyak dibanding telur, daging ayam mengandung lemak jenuh lebih banyak.

- Ikan
Ikan salmon kalengan dan ikan herring mengandung 23 gram protein per 100 gram sajian. Ikan tuna kalengan mengandung sekitar 29 gram protein. Selain kaya akan protein, ikan laut juga kaya akan asam lemak omega-3. Kelebihan lainnya adalah rendah lemak jenuh dan kolesterol, jika dibandingkan dengan telur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber LiveStrong

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.