Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/05/2014, 17:36 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis


KOMPAS.com -- Lewat aktivitas seksual, keintiman fisik dan emosional suami istri bisa terpenuhi. Apalagi jika setelah pembukaan yang penuh gairah, suami mengakhirinya dengan menunjukkan rasa cinta dan perhatian kepada istri melalui sentuhan atau pelukan. Kemesraan pun semakin erat.

Sayangnya, kebanyakan pria langsung berbalik badan dan tertidur pulas setelah bercinta. Hal ini sering kali membuat para wanita gigit jari. Sebab, mereka sebenarnya masih membutuhkan perhatian.

Dalam sebuah penelitian yang dimuat di Archives of Sexual Behavior terungkap betapa pentingnya meluangkan waktu sedikit untuk "menu penutup" seusai bercinta.

Hasil survei yang dilakukan terhadap 335 partisipan ini menyebutkan, aktivitas bermanja-manja setelah bercinta jauh lebih penting dalam kepuasan seksual dibandingkan dengan foreplay dan durasi bercinta.

Pasangan yang meluangkan waktu untuk "menu penutup", seperti berciuman, berpelukan, atau mengungkapkan rasa cinta satu sama lain, merasa lebih puas dengan hubungan mereka. Secara seksual, mereka juga merasakan kepuasan yang lebih nyata.

Hal tersebut terutama dirasakan oleh pasangan yang sudah memiliki anak. Selain itu, kepuasan dan perasaan bahagia tersebut bukan hanya dirasakan pihak istri, melainkan juga para suami.

Jadi, jangan langsung tertidur setelah mencapai orgasme.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com