Kompas.com - 05/05/2014, 10:57 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Berbagai cara dilakukan orang untuk mengurangi atau menjaga berat badannya, seperti membatasi kalori hingga pantang makanan tertentu. Namun, sebenarnya dengan hanya mengatur waktu makan tubuh sudah dapat mempertahankan berat badan, bahkan menurunkannya.

Sebuah temuan baru dari Australia mengungkap, lambung manusia mengetahui waktu yang sedang berlangsung. Bahkan, pencernaan manusia memiliki irama sirkadian sendiri yang berhubungan dengan waktu tidur dan terjaga tubuh.

Penulis studi Amanda Page mengatakan, ketika makan lambung membesar dan mengaktifkan sel-sel saraf di sana. Respon sel-sel saraf itu tergantung pada waktu saat itu. Di siang hari, respon saraf relatif kecil sehingga orang bisa makan lebih banyak.

"Lambung perlu lebih banyak terisi sebelum sel saraf di sana dapat memberikan sinyal pada otak yang menyatakan rasa kenyang di siang hari. Sebaliknya, di malam hari saraf lebih sensitif sehingga tubuh lebih cepat kenyang," papar Page.

Kondisi tersebut berpengaruh terhadap berat badan. Mengganggu irama ini merupakan salah satu alasan kenapa orang yang lebih banyak makan di malam hari cenderung lebih cepat gemuk daripada orang yang makan banyak di siang hari.

Di samping memperhatikan jam makan, ada beberapa hal pula yang perlu dilakukan terkait irama sirkadian pencernaan, antara lain sebagai berikut.

- Sarapan protein. Mengisi piring sarapan dengan makanan tinggi protein misalnya telur akan membuat orang cenderung tidak terlalu lapar di pagi hari sehingga mengurangi kemungkinan mereka untuk makan berlebihan di siang hari. Demikian yang diungkapkan oleh sebuah studi asal University of Missouri.

- Makan siang sebelum jam 15.00. Sebuah studi yang dipublikasi dalam International Journal of Obesity menemukan, makan siang yang dilakukan sebelum jam 15.00 akan membantu orang untuk mengurangi berat badan lebih banyak daripada mereka yang terbiasa terlambat makan siang.

- Tambah protein lebih banyak. Studi asal University of Mussouri menemukan, makan snack 160 kalori yang mengandung 24 gram protein tiga jam sebelum makan akan mengurangi kelaparan sehingga mencegah makan berlebihan.

- Berhenti sebelum kenyang. Membatasi waktu makan dengan jendela makan delapan jam dalam sehari membantu dalam pencegahan obesitas dan diabetes. Itulah yang ditemukan sebuah studi dalam jurnal Cell Metabolism.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber menshealth

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.