Kompas.com - 05/05/2014, 18:19 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Meskipun Anda biasa tertidur dengan pulas, namun mungkin ada pula waktu-waktu ketika insomnia datang menghampiri. Nah, daripada jengkel karena tidak kunjung bisa tidur, lebih baik Anda mencoba lima teknik relaksasi ini.

1. Kendalikan visualisasi
Menurut Joshua Jacobi, ahli jantung dari Pasadena, California, mengendalikan visualisasi dapat membentuk perasaan rileks dengan segera. Caranya yaitu dengan berbaring santai, kemudian katakan "rileks" pada semua bagian tubuh dari ujung kepala hingga ujung kaki.

"Kemudian bayangkan Anda sedang berada di pantai dan bayangkan pantai di semua sensor tubuh. Misalnya, rasakan kasarnya pasir di ujung kaki, panasnya matahari yang menyirami, dan angin sepoi-sepoi yang menyapu wajah. Bayangkan pohon kepala bergoyang tertiup angin. Dan dengarkan suara ombak laut berdesir," ujar Jacobi.

2. Analisa siklus tidur
Ari Meisel, pendiri blog kesehatan "Less Doing More Living" mengatakan, mengetahui data tentang tidur akan mempermudah Anda mengatasi insomnia. Ini juga akan membantu untuk mengetahui pola tidur yang seharusnya paling tepat untuk Anda.

3. Atasi cemas
Saat cemas menyerang, jangan langsung mencoba tidur karena justru akan menyebabkan insomnia. Sebaliknya, Anda perlu lebih dulu mengatasi kecemasan tersebut. Caranya antara lain olahraga, yoga, hingga minum obat antidepresan.

4. Atur pernapasan melalui lubang hidung
Ini adalah pola relaksasi menggunakan jari manis dan jempol yang diletakan secara lembut di sisi lubang hidung. Tarik napas panjang, hembuskan. Kemudian, tutup lubang hidung kanan dengan jempol, tarik napas dengan lubang hidung kiri selama empat hitungan. Setelah mencapai puncaknya, buka kembali lubang hidung kanan, dan tutup lubang hidung kiri, lalu hembuskan napas selama empat hitungan pula. Lakukan ini berulang-ulang hingga Anda rileks.

5. Hitung muncur
Saat terbaring, menghitung mundur mungkin bermanfaat mengenyahkan insomnia. Lakukan perlahan, satu hitungan untuk satu detik. Mulailah dari angka 100... 99... 98... Nah jika Anda kehilangan hitungan, maka Anda perlu mulai lagi dari angka 100. Namun jangan biarkan ini justru membuat Anda frustrasi, lakukan pelan-pelan.

Menurut Philip Mandel, pakar hipnoterapi di Beaverton, Oregon mengatakan, hitungan mundur bersifat monoton dan hipnotik ringan yang akan membuat Anda mengantuk. "Ini tidak sama dengan hipnosis langsung seperti "kamu mengantuk", tetapi melakukan sesuatu yang monoton akan memberikan efek mengantuk," jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.