Kompas.com - 06/05/2014, 11:49 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Badan kesehatan dunia (WHO) menyatakan penyebaran polio sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) yang mengancam banyak negara. Dalam pemberitahuannya, WHO menjelaskan penyebaran polio di Asia, Afrika, dan Timur Tengah sebagai KLB yang memerlukan respon koordinasi internasional.

Polio biasanya menyerang anak-anak di bawah usia lima tahun. Polio menyebar melalui air yang terinfeksi. Sejauh ini tidak ada pengobatan atau terapi khusus untuk polio. Namun terdapat vaksin sebagai upaya pencegahan.

Para pakar secara khusus menyoroti berulangnya kejadian polio di negara-negara yang sebelumnya sudah dinyatakan bebas dari penyakit ini, seperti Siria, Somalia, dan Irak. Diketahui di negara-negara tersebut, sedang terjadi perang saudara sehingga menyulitkan upaya mengenyahan virus.

Beberapa waktu lalu, Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kementerian Kesehatan Tjandra Yoga Aditama mengatakan, saat ini Indonesia menerima sertifikat bebas polio dari WHO pada 27 Maret 2014.

"Virus polio liar terakhir yang berhasil diisolasi terakhir yaitu pada tahun 1995," ujar Tjandra.

Sedangkan, KLB polio di Indonesia dilaporkan terakhir terjadi pada 2005-2006 untuk virus polio tipe 1 yang berasal dari Timur Tengah. KLB kali itu terjadi di 10 propinsi dan 47 kabupaten/kota di seluruh Indonesia, dengan total kasus yang dilaporkan sebanyak 305.

Di sisi lain, ketersediaan vaksin polio di Indonesia tidak perlu dikhawatirkan. Direktur Utama Biofarma Iskandar mengatakan, vaksin polio saat ini stoknya cukup untuk 100 tahun ke depan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber foxnews
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.