Rutin Yoga Bantu Turunkan Tekanan Darah

Kompas.com - 13/05/2014, 15:23 WIB
Ilustrasi berlatih yoga ShutterstockIlustrasi berlatih yoga
|
EditorLusia Kus Anna


KOMPAS.com -
Yoga dikenal sebagai olahraga yang membantu menenangkan pikiran dan menyeimbangkan fungsi-fungsi dalam tubuh. Namun melakukan olahraga ini juga mungkin bermanfaat bagi mereka yang memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi.
 
Holger Cramer, ketua peneliti dari Fakultas Kedokteran University of Duisburg-Essen di Jerman mengatakan, banyak bukti yang menyatakan manfaat yoga pada berbagai penyakit. Beberapa yang sudah diketahui antara lain manfaat yoga untuk nyeri punggung, meringankan kanker payudara, skizofrenia, depresi, gejala menopause, penyakit kardiovaskular, penyakit jantung, asma, dan reumatik.
 
Sementara itu, manfaat yoga pada hipertesi masih diteliti. Menurut Cramer, karena manfaat yoga untuk berbagai penyakit sudah terbukti di banyak studi, penting bagi peneliti untuk mengevaluasi kapan yoga berguna untuk sebuah penyakit dan kapan tidak.
 
Dalam studi yang dipublikasi dalam American Journal of Hypertension, Cramer dan timnya menganalisis tujuh studi lainnya yang melibatkan 452 pasien. Setiap peserta dalam studi menderita hipertensi atau dalam batas atas hipertensi. Sebagian peserta secara acak diminta untuk melakukan latihan yoga dalam paling tidak delapan minggu, sebagian lagi mendapat terapi hipertensi.
 
Peneliti menemukan, peserta yang melakukan yoga mengalami tekanan darah sistol dan diastol yang berkurang lebih banyak daripada peserta yang mendapat terapi. Rata-rata angkanya lebih rendah 10 mmHg untuk sistol dan 7 mmHg untuk diastol. 
 
Studi tersebut juga menemukan, yoga dapat membantu efesiensi efek obat pada pasien yang mengonsumsi pengobatan hipertensi. Namun tidak pada mereka yang menggunakan pengobatan alternatif.
 
Menurut Cramer, perlu adanya studi yang terukur untuk mendapat standar penelitian biomedis. Di samping itu, dibutuhkan studi lanjutan yang membandingkan yoga dengan aktivitas fisik lainnya.
 
"Bagi orang yang tertarik pada yoga, maka ini bisa jadi alternatif yang baik untuk mengobati hipertensi mereka. Namun sebaiknya mereka tidak menghentikan pengobatan hipertensi mereka dan tidak terlalu agresif dalam berlatih yoga," katanya.
 

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber foxnews
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X