Kompas.com - 14/05/2014, 18:51 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Pola makan dan tidur berkaitan erat. Kurang tidur bukan hanya disebabkan karena sedang banyak pikiran, tapi juga akibat pemilihan makanan yang buruk.  Wanita yang tidur kurang dari enam jam sehari rata-rata mengonsumsi kalori lebih banyak daripada wanita yang tidur minimal tujuh jam.

Menurut studi yang dipublikasi dalam jurnal Obesity itu pula, kalori yang sering dimakan wanita yang insomnia kebanyakan berasal dari pilihan makanan yang kurang bergizi. Hal yang sebaliknya ditemukan pada kelompok wanita yang cukup tidur.

Hubungan kurang tidur dengan pemilihan makanan pun berlaku sebaliknya. Artinya bukan hanya kurang tidur yang menyebabkan pemilihan makanan yang berkalori, melainkan juga pilihan makanan yang tinggi kalori pun menyebabkan sulit tidur di malam hari.

Peneliti menemukan, orang-orang yang sedang ada dalam program diet khusus, seperti mengurangi lemak atau kolesterol, juga cenderung lebih mengantuk di siang hari. Mereka juga mengalami kesulitan tidur di malam hari.

Maka studi pun menyimpulkan hubungan antara kualitas diet dan tidur sangat erat. Keduanya perlu dioptimalkan untuk memperoleh kesehatan yang optimal.

Beberapa kiat untuk mendapatkan kuantitas dan kualitas tidur yang cukup dan baik antara lain dengan menentukan waktu pasti untuk tidur. Dengan melakukan itu, kita bisa mengira-ngira lama tidur yang akan didapatkan.

Kemudian, peneliti juga menyarankan untuk tidak makan paling tidak satu jam sebelum tidur. Saat tubuh masih mencerna menjelang tidur, maka tubuh tidak akan benar-benar rileks saat tidur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.