Kompas.com - 17/05/2014, 12:21 WIB
EditorLusia Kus Anna


TANYA:

 
Halo dok, saya dan istri sedang berusaha memiliki momongan. Tetapi istri saya tergolong gemuk. Tinggi badannya 160 cm dengan BB 70 kg. Sejak gadis dia memang sudah tampak gemuk. Kami sudah menikah satu tahun tapi belum juga ada tanda-tanda hamil. Apakah istri saya perlu menurunkan berat badan dulu agar bisa hamil? Mohon penjelasannya. Terima kasih.
 
Lukman (26), Jakarta

JAWAB:

Pak Lukman Yth.
Untuk memiliki momongan banyak sekali yang harus diper siapkan. Jiwa raga harus sehat. Secara garis besar, fisik harus sehat. Berat badan juga sebaiknya ideal, karena gemuk bisa menjadi salah satu penyebab tidak subur.

Pola makan harus baik dengan gizi seimbang, terutama protein, buah dan sayuran. Demikian juga dengan aktivitasnya, harus tetap seimbang antara kerja, tidur dan olah raga. Jadi kegemukan bukanlah satu-satunya penyebab tidak bisa hamil. Semoga semuanya bisa di siapkan secara bersamaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.