Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/05/2014, 16:16 WIB

KOMPAS.com - Pola makan sehat tidak berarti kita harus berpantang semua makanan manis. Anda hanya perlu lebih pintar menyiasati sumber-sumber rasa manis dari makanan.

Mengonsumsi terlalu banyak makanan manis memiliki efek yang panjang bagi kesehatan. Bukan hanya menambah berat badan, tapi juga bisa membuat kita kurang gizi. Bagaimana tidak, demi memuaskan lidah dengan makanan manis, kita malah jadi melewatkan makanan yang kaya vitamin.

Makanan manis memang bisa membuat kita merasa kenyang, tapi sebenarnya yang kita masukkan adalah kalori, bukan zat gizi yang dibutuhkan tubuh.

Berikut adalah beberapa makanan manis yang bisa jadi pengganti hobi Anda mengonsumsi makanan sarat gula.

Cokelat hitam
Jika Anda penggemar cokelat, ubah pilihan Anda menjadi cokelat hitam yang mengandung 70 persen cocoa. Lebih banyak cokelatnya berarti kadar gulanya lebih sedikit. Cokelat atau cocoa sangat kaya antioksidan. Sementara itu cokelat susu sebagian besar terdiri dari gula dan lemak susu. Oleh karena itu, sebelum memilih produk cokelat bacalah daftar kandungannya. Cokelat yang sehat seharusnya terdiri dari cokelat sebagai kandungan utamanya.

Kurma
Buah ini memiliki rasa manis seperti karamel, namun tentunya lebih sehat dibanding mengonsumsi permen karamel.

Es krim pisang
Es krim memang lezat dan menggoda, tapi kandungan gula dan kalorinya sangat tinggi. Karena itu mengapa kita tak membuat sendiri es krim yang lebih sehat. Misalnya membuat es krim pisang. Caranya, bekukan buah pisang yang matang lalu hancurkan dalam alat food processor dengan tambahan susu tanpa lemak.

Gula stevia dalam teh atau kopi
Jika Anda punya kebiasaan mengonsumsi teh atau kopi namun tak ingin menambahkan gula pasir atau pemanis buatan, cobalah stevia. Dibuat dari tanaman, stevia memberikan rasa manis tanpa tambahan kalori.

Gula biasa akan meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Kurangi secara bertahap jumlah gula yang Anda konsumsi.

Buah segar
Kiwi, apel, jeruk, nanas, stroberi, dan masih banyak lagi. Meski buah tersebut memiliki rasa manis, tetapi itu adalah gula alami yang seharusnya kita konsumsi. Buah secara alami memang manis dan juga mengandung serat, vitamin, mineral, dan fitokemikal yang dibutuhkan tubuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com