Kompas.com - 04/06/2014, 14:22 WIB
EditorLusia Kus Anna

Penyakit Kardiovaskular (PKV) atau penyakit jantung dan pembuluh darah merupakan penyebab utama kematian di seluruh dunia. World Health Organization (WHO) melaporkan bahwa 30% dari total kematian di Indonesia disebabkan oleh PKV. Oleh karena itu, upaya pengendalian PKV menjadi sangat penting baik dari sisi pengobatan ataupun pencegahan.

Sebagai laboratorium terpercaya dan terbesar di Indonesia, Prodia berupaya untuk mewujudkan jantung sehat untuk Indonesia sehat, dengan menyelenggarakan roadshow seminar bertemakan “Good Doctor for the Great Family, Seminar on Managing Cardiovascular Risk” di 15 kota.

Roadshow seminar dimulai pada 12 April 2014 dari kota Yogyakarta, bertempat di Hotel Inna Garuda dengan pembicara dr. Hemi Sinorita, SpPD-KEMD; dr. Hariadi Hariawan, SpJP dan Dr. Wiwik Rositawati, M.Si. Sebagai moderator adalah dr. Ernawati.

Kota kedua adalah Bandung, dengan pembicara dr. A. Fauzi Yahya, SpJP; dr. Nanny Natalia M. Soetedjo, SpPD-KEMD dan Serlyana Herman, S.Si., Apt. sebagai narasumber dari Prodia. Seminar yang diselenggarakan di Ballroom Hotel Savoy Homann pada 3 Mei 2014 tersebut, dipandu oleh Prof. Dr. dr. Sri Hartini KS Kariadi, SpPD-KEMD.

Kota berikutnya adalah Jakarta, dengan mengusung tiga pembicara yakni dr. Roy Panusunan S, SpPD-KEMD, FES; dr. Pradana Tedjasukmana, SpJP-FIHA dan narasumber Prodia – Dr. Ellis Susanti, MM., MPd., M.Si. Dengan moderator dr. Diah Syarifah, seminar yang diselenggarakan di Hotel Grand Cempaka Jakarta pada 24 Mei 2014 ini mendapat sambutan yang positif dari peserta.

Sejumlah faktor risiko yang berperan penting terhadap timbulnya PKV, perlu dan dapat dikenali sejak dini. Dengan mengetahui faktor risiko yang berperan dalam perkembangan PKV dan mendeteksi melalui pemeriksaan yang tepat, maka kita dapat mencegah atau mengatasinya sejak dini, sehingga akibat yang fatal dapat dihindari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.