Kompas.com - 11/06/2014, 11:11 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Kesehatan dan tumbuh kembang janin sangat dipengaruhi oleh apa yang dikonsumsi ibu selama kehamilan. Karena itu ibu hamil harus mengonsumsi makanan bergizi, termasuk ikan.

Rekomendasi untuk mengonsumsi ikan bagi ibu hamil dikeluarkan oleh pemerintah Amerika Serikat. Untuk pertama kalinya mereka juga memberikan panduan jumlah minimum konsumsi ikan setiap minggunya.

Bukan hanya ibu hamil, ibu menyusui dan anak-anak juga disarankan untuk lebih rajin mengonsumsi ikan. Disebutkan, populasi tersebut sebaiknya makan ikan 2-3 kali ikan dalam seminggu.

Jenis ikan yang disarankan adalah ikan yang kandungan merkurinya rendah, misalnya saja salmon, ikan cod, udang, atau ikan lele. Sementara itu ikan tilefish, ikan hiu, mackerel, dan todak, sebaiknya dihindari karena kadar merkurinya tinggi.

"Selama bertahun-tahun para wanita menghindari asupan ikan selama hamil dan menyusui. Mereka juga khawatir memberi ikan pada anak yang masih kecil. Tetapi studi-studi terbaru menyimpulkan bahwa menghindari ikan bisa membuat mereka kekurangan nutrisi penting yang baik untuk tumbuh kembang anak," kata Stephen Ostroff, ketua riset Food and Drug Administration AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Healthland

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.