Kompas.com - 13/06/2014, 13:59 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Berolahraga merupakan separuh dari upaya penurunan berat badan. Satu hal yang juga tidak boleh dilewati adalah pola makan yang seimbang dan padat gizi.

Fiastuti Witjaksono, dokter spesialis gizi klinik dari FKUI/RSCM mengatakan, makanan yang padat gizi akan memenuhi kebutuhan gizi harian dengan cepat tanpa banyak membebani tubuh dengan kalori. "Sehingga bagi mereka yang ingin mempertahankan berat badan tanpa kekurangan gizi, makanan padat gizi sangat mereka butuhkan," ujarnya.

Jackie Keller, pendiri dan direktur NutriFit, sekaligus pelatih kesehatan tersertifikasi mengatakan, ada beberapa makanan tertentu yang memiliki kepadatan gizi yang tinggi. Makanan-makanan ini penting untuk menjaga kesehatan, dengan jumlah kalori yang relatif sedikit. Berikut di antaranya.

1. Apel
Sebutir apel sehari bisa menjauhkan dokter dari Anda, termasuk untuk urusan menjaga berat badan. Buah ini juga seringkali disebut sebagai makanan "negatif kalori" karena menyebabkan tubuh membakar kalori lebih banyak untuk mampu mencernanya daripada kalori yang diberikan oleh buah sendiri.

2. Asparagus
Sayuran ini dipercaya sebagai diuretik alami yang membantu tubuh mengeluarkan air dari tubuh, sekaligus pengusir lemak. Setengah mangkuk asparagus hanya mengandung 20 kalori, namun dapat memberikan dosis vitamin K, A, dan B yang cukup tinggi. Asparagin, senyawa kimia golongan alkaloid pada asparagus membantu memecah sel lemaki sehingga mampu mengurangi lemak tubuh secara keseluruhan.

3. Paprika
Sayuran berwarna-warni ini merupakan sumber vitamin B6, C, dan asam folat yang baik. Paprika mengandung senyawa fitokimia yang diketahui mampu melindungi tubuh dari penyakit jantung, kanker, stroke, dan katarak. Paprika merah mengandung 250 persen kebutuhan vitamin C harian, 75 persen vitamin A, dan 10 persen serat.

4. Timun
Makan timun merupakan salah satu cara yang sehat dan baik untuk menambah air dalam pola makan. Ini karena timun merupakan sayuran yang kaya air. Timun juga mampu mencegah makan berlebihan karena membantu memenuhi lambung Anda dengan air.

5. Sayuran berdaun hijau
Salad dengan sejumlah besar kombinasi sayuran berdaun hijau mampu menjaga berat badan tetap ideal. Keller menyarankan untuk menyertakan selada dan sayuran berdaun hijau gelap lainnya untuk meningkatkan asupan vitamin A, C, dan K setiap harinya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.