Kompas.com - 14/06/2014, 15:32 WIB
shutterstock
EditorLusia Kus Anna

TANYA:
Sudah 3 bulan saya sakit, awalnya lambung terasa nggak enak dan yang paling parah disertai jantung berdetak kencang. Saya pernah konsultasi ke spesialis penyakit dalam, tapi katanya karena asam lambung. Setelah itu lumayan sembuh sekitar 2 minggu enakan. Tapi kemudian kambuh lagi dan jantung berdetak kencang lagi di malam hari. Sebeneranya saya sakit apa dok dan harus melakukan pemeriksaan apa?


JAWAB:

Saudara Nazar yth di Bogor

Terimakasih atas pertanyaan saudara, doa saya saat ini saudara sudah pulih, sehat seperti semula. Untuk menjawab pertanyaan saudara, saya sebetulnya ingin mendapatkan informasi yang lebih lengkap sehubungan dengan keluhan yang saudara sampaikan.

Untuk saudara diketahui bahwa perasaan tidak enak di lambung itu banyak penyebabnya. Bisa saja itu normal bila hanya timbul sesekali. Misalnya saudara makan terlalu kenyang, bisa timbul rasa penuh, menyesak dan sebagainya. Saudara banyak mengkonsumsi makanan yang iritatif untuk lambung, saudara kemudian merasakan perut agak perih, dalam batas tertentu dapat saja itu normal.

Karena gejala yang saudara sampaikan hanya berupa lambung tidak enak, kemudian malam hari jantung saudara berdebar kencang. Seperti saya sampaikan di atas, banyak penyebabnya. Mulai dari keadaan normal, karena faktor psikis,  bisa karena asam lambung seperti hasil konsultasi dengan internist setempat, atau kemungkinan penyakit lain dapat  saja terjadi.

Saran saya, bila keluhan saudara berlanjut, semakin memberat, atau tidak membaik setelah mendapatkan terapi yang adekuat, termasuk gaya hidup sehat, makanan yang sehat, sebaiknya saudara konsul ulang ke internist setempat. Nanti internist tersebut yang akan menyarankan langkah-langka apa yang sebaiknya saudara jalani.

Sementara, bila saudara obesitas, turunkan berat badan saudara, bila merokok, berhentilah merokok, begitu juga dengan alkohol. Dan, olahragalah secara teratur, karena olahraga juga dapat mengurangi stress yang mungkin saudara alami.

Terimakasih, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
PENYAKIT
Flu Tulang
Flu Tulang
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.