Kompas.com - 19/06/2014, 11:56 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Stres silih berganti yang kita alami di masa muda ternyata berbuntut panjang. Menurut penelitian, orang dewasa yang sering mengalami stres akan mengalami gangguan memori jangka pendek di usia tuanya.

Kaitan antara hormon dan gangguan memori jangka pendek ini diungkap oleh para peneliti dari Universitas Iowa, AS. Kadar kortisol yang tinggi akan menyebabkan kemampuan memori menurun.

Kortisol, si hormon stres, dalam jumlah sedikit sebenarnya diperlukan manusia untuk bertahan hidup. Ini akan membantu kita menghadapi situasi penuh tekanan, membuat kita lebih awas dan berpikir cepat. Tapi, hormon ini berdampak negatif jika jumlahnya terlalu banyak.

Bila hormon ini terus menerus ada, pengaruhnya secara fisik antara lain gangguan pencernaan, kecemasan, berat badan naik, atau tekanan darah tinggi.

"Hormon stres adalah salah satu penyebab pelapukan pada otak. Seperti batu di pinggir pantai yang bertahun-tahun terkikis dan akhirnya hilang," kata Jason Radley, asisten profesor fisiologi di Universitas Iowa.

Dalam penelitiannya ia menemukan, peningkatan level kortisol secara bertahap akan menghilangkan sinap (jaringan penghubung) di otak bagian depan, bagian otak yang merupakan pusat kognitif dan bertanggung jawab pada memori jangka pendek.  

Seiring dengan bertambahnya usia, paparan kortisol yang terus berulang dan dalam jangka panjang, akan menyebabkan sinap otak ini mengerut dan hilang. Akibatnya, fungsi dalam mengingat pun akan berkurang.

Orang yang pernah mengalami trauma berat, seperti kematian anggota keluarga, kehilangan pasangan, atau korban pelecehan, adalah orang yang secara alami memiliki kadar kortisol tinggi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Dailymail
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.