Kompas.com - 21/06/2014, 18:33 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

 

 

KOMPAS.com - Bawang putih merupakan bumbu wajib pada hampir semua masakan. Di sisi lain, umbi satu ini juga seringkali menimbulkan bau tak sedap pada napas setelah memakannya. Dan yang lebih menjengkelkan, baunya tak juga hilang meski sudah menyikat gigi.

Peneliti asal Amerika Serikat mengungkap, ada beberapa makanan yang mampu mengurangi bau napas tak sedap yang ditimbulkan bawang putih. Apel, jus lemon, dan mint adalah beberapa di antaranya.

Dalam studi yang dipublikasi dalam Journal of Food Science tersebut, peneliti menemukan, teh hijau, parsley, dan bayam juga mampu membantu.

Salah satu senyawa dalam bawang putih, atil metil sulfida tidak bisa terurai selama proses pencernaan. Inilah yang membuat tubuh mengeluarkannya melalui napas dan keringat.

Peneliti meminta relawan untuk memakan bawang putih mentah. Setelah itu diukur bau bawang putih pada napas relawan yang rata-rata berada di skala empat.

Kemudian para peneliti meminta relawan memakan makanan yang bervariasi untuk membantu meringankan bau tersebut. Dari semua makanan yang dimakan, apel lah yang paling efektif dalam menekan bau nafas setelah makan bawang putih.

Profesor Barringer dari departemen ilmu pangan dan teknologi di Ohio State University, apel mampu membantu menetralkan enzim pada bawang putih. Sementara makanan-makanan lain yang dikatakan efektif juga kaya akan senyawa yang disebut polifenol yang membantu mengurai senyawa pada bawang putih. Rasa masam pada jus lemon juga membantu proses tersebut.

"Untuk mendapat manfaat terbaik, maka sebaiknya makanan-makanan tersebut sebisa mungkin dikombinasikan dengan bawang putih," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Dailymail
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.