Mengenal 3 Jenis Detoks

Kompas.com - 26/06/2014, 12:33 WIB
shutterstock
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Prinsipnya ada 3 jenis detoks, yakni detoksifikasi untuk keracunan alkohol, detoksifikasi untuk keracunan obat, bisa ular atau racun lain, dan detoksifikasi untuk masalah metabolisme.

1. Detoksifikasi untuk keracunan alkohol
Muntah adalah tindakan awal untuk melakukan pengurangan kadar alkohol, akan tetapi harus dibantu dengan pemberian cairan elektrolit guna mengatasi kekurangan cairan tubuh. Setelah itu dokter akan memberikan obat-obatan lain untuk membantu proses pembuangan alkohol dari liver.

2. Detoksifikasi untuk keracunan obat, bisa ular atau racun lain
Untuk sengatan bisa ular, misalnya dokter akan memberikan
- Suntikan penisilin kristal sebanyak 2 juta unit secara intramuskular
- Obat sedasi atau analgesik untuk menghilangkan rasa takut cepat mati/panik
- Serum antibisa. Karena bisa ular sebagian besar terdiri dari protein maka sifatnya adalah antigenik sehingga dapat dibuat dari serum kuda.

3. Detoksifikasi untuk metabolisme
Bisa menggunakan materi yang kaya akan glutahione, seperti avokad atau asparagus, untuk membantu proses detoksifikasi liver. Bisa juga menggunakan daun cilantro atau daun ketumbar untuk melakukan detoksifikasi merkuri, atau menggunakan sayuran organik aloe vera untuk detoksifikasi tinja di usus.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X