Kompas.com - 26/06/2014, 13:07 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Sebelum mengolah daging ayam, lazimnya terlebih dulu orang mencucinya dalam keadaan mentah. Namun mencuci ayam mentah juga mampu meningkatkan risiko kontaminasi silang bahan pangan. Sehingga kegiatan ini perlu dilakukan secara berhati-hati.

Sebuah studi baru yang dilakukan badan standarisasi makanan Inggris bahkan merekomendasikan untuk tidak mencuci ayam mentah. Studi menyebutkan, mencuci ayam mentah dapat menyebarkan bakteri Campylobacter yang menyebabkan keracunan makanan.

Campylobacter dapat menyebar dengan cepat dan dalam jumlah sedikit saja sudah dapat menyebabkan penyakit. Diketahui, Campylobacter dapat berasal dari daging ayam mentah atau kurang matang, atau dari kontaminasi dari pencucian ayam mentah.

Karena itu, peneliti pun membuat rekomendasi cara paling aman untuk melindungi diri dan keluarga dari infeksi bakteri tersebut. Beberapa di antaranya seperti membungkus ayam saat di simpan di kulkas agar air dari daging ayam tidak menetes ke makanan lain.

Alat-alat yang digunakan untuk mengolah ayam, seperti pisau, talenan, atau alat-alat lainnya secara keseluruhan. Cuci tangan secara keseluruhan dengan sabun dan air hangat setelah mengolah ayam mentah. Ini membantu menghentikan penyebaran Campylobacter dengan mencegah kontaminasi silang bahan pangan.

Pastikan sebelum diolah, ayam dikukus hingga matang. Potong daging paling tebal pada ayam untuk menghindarinya tidak matang di bagian dalam. Ayam belum matang jika ada warna pink pada daging atau masih keluar darah pada daging.

Dokter spesialis gizi klinik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Saptawati Bardosono mengatakan, mencuci ayam mentah sebelum diolah sebenarnya perlu dilakukan. Ini untuk membersihkan kotoran-kotoran yang ada pada daging ayam.

"Tentu saja daging ayam perlu dicuci dulu sebelum diolah. Meski benar, mencucinya perlu ada aturannya supaya tidak terjadi kontaminasi silang," katanya.

Menurut dia, untuk menghindari kontaminasi, mencuci ayam tidak boleh dicampur dengan mencuci dengan bahan pangan lainnya seperti sayur-sayuran ataupun peralatan makan. Tempat bekas pencucian daging ayam juga perlu dibersihkan terlebih dulu sebelum mencuci bahan atau alat lainnya. 

Menurut pusat pengelolaan dan pencegahan penyakit AS (CDC), campylobacter merupakan satu dari penyebab paling umum diare di AS. Ketika seseorang melakukan kontak dengan bakteri ini, biasanya akan sembuh dalam dua atau tiga hari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.