Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/06/2014, 13:07 WIB
Unoviana Kartika

Penulis

KOMPAS.com - Sebelum mengolah daging ayam, lazimnya terlebih dulu orang mencucinya dalam keadaan mentah. Namun mencuci ayam mentah juga mampu meningkatkan risiko kontaminasi silang bahan pangan. Sehingga kegiatan ini perlu dilakukan secara berhati-hati.

Sebuah studi baru yang dilakukan badan standarisasi makanan Inggris bahkan merekomendasikan untuk tidak mencuci ayam mentah. Studi menyebutkan, mencuci ayam mentah dapat menyebarkan bakteri Campylobacter yang menyebabkan keracunan makanan.

Campylobacter dapat menyebar dengan cepat dan dalam jumlah sedikit saja sudah dapat menyebabkan penyakit. Diketahui, Campylobacter dapat berasal dari daging ayam mentah atau kurang matang, atau dari kontaminasi dari pencucian ayam mentah.

Karena itu, peneliti pun membuat rekomendasi cara paling aman untuk melindungi diri dan keluarga dari infeksi bakteri tersebut. Beberapa di antaranya seperti membungkus ayam saat di simpan di kulkas agar air dari daging ayam tidak menetes ke makanan lain.

Alat-alat yang digunakan untuk mengolah ayam, seperti pisau, talenan, atau alat-alat lainnya secara keseluruhan. Cuci tangan secara keseluruhan dengan sabun dan air hangat setelah mengolah ayam mentah. Ini membantu menghentikan penyebaran Campylobacter dengan mencegah kontaminasi silang bahan pangan.

Pastikan sebelum diolah, ayam dikukus hingga matang. Potong daging paling tebal pada ayam untuk menghindarinya tidak matang di bagian dalam. Ayam belum matang jika ada warna pink pada daging atau masih keluar darah pada daging.

Dokter spesialis gizi klinik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Saptawati Bardosono mengatakan, mencuci ayam mentah sebelum diolah sebenarnya perlu dilakukan. Ini untuk membersihkan kotoran-kotoran yang ada pada daging ayam.

"Tentu saja daging ayam perlu dicuci dulu sebelum diolah. Meski benar, mencucinya perlu ada aturannya supaya tidak terjadi kontaminasi silang," katanya.

Menurut dia, untuk menghindari kontaminasi, mencuci ayam tidak boleh dicampur dengan mencuci dengan bahan pangan lainnya seperti sayur-sayuran ataupun peralatan makan. Tempat bekas pencucian daging ayam juga perlu dibersihkan terlebih dulu sebelum mencuci bahan atau alat lainnya. 

Menurut pusat pengelolaan dan pencegahan penyakit AS (CDC), campylobacter merupakan satu dari penyebab paling umum diare di AS. Ketika seseorang melakukan kontak dengan bakteri ini, biasanya akan sembuh dalam dua atau tiga hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com