Kompas.com - 07/07/2014, 12:55 WIB


TANYA:

Dok, ada yang ingin saya tanyakan, yaitu mengapa saya sulit sekali melupakan mantan saya dan sulit sekali untuk memafkan apa yang telah dia lakukan pada saya. Apakah hal ini termasuk penyakit kejiwaan? Dan apakah bisa disembuhkan? Sebelumnya saya berpacaran dengan mantan saya 6 bulan.
 
Semuanya baik-baik saja, namun kemudian saya ditinggalkan tanpa sebab. Hal inilah yang membuat saya merasa tidak mengenal diri saya sendiri. Karena sebelum saya putus dengan mantan saya ini, saya pernah putus, tapi saya baik-baik saja. Mohon diberikan solusi tentang permasalahan saya. Apakah saya perlu melakukan hipnoterapi. Terima kasih.
 
Tyas (25), Malang

JAWAB:

Tyas yang baik,
Kesulitan melupakan kejadian masa lalu memang berkaitan dengan apakah kejadian atau peristiwa itu merupakan hal yang bermakna kepada kita, dalam artian memberikan kebahagiaan atau kekecewaan yang sangat. Apa yang dialami oleh Tyas mungkin sangat mempengaruhi kehidupan Tyas sendiri sehingga apa yang dilakukan oleh mantan sangat sulit dilupakan.

Mungkin juga karena Tyas tidak percaya dan bisa menerima bahwa ia bisa meninggalkanmu begitu saja. Sedangkan apa yang terjadi di masa lalu dengan mantan yang lain tidak demikian. Sebenarnya paling penting adalah keinginan yang kuat dari Tyas sendiri untuk melupakan. Tentunya akan tidak mudah tetapi pasti bisa jika ada niat dan motivasi yang cukup.

Tyas janga mengira bahwa hipnoterapi akan bisa melupakan segala sesuatunya, inilah yang sering salah kaprah tentang hipnoterapi, dianggapnya hipnoterapi dapat dengan mudah melupakan hal-hal buruk tentang masa lalu.

Pada dasarnya semua butuh proses dan usaha dari diri sendiri. Selama manusia masih mempunyai otak dan tempat menyimpan memori di otak tersebut belum rusak, maka ingatan masa lalu akan tetap ada. Yang membedakannya adalah bagaimana kita mempersepsikan peristiwa dan memori masa lalu itu sehingga kita bisa lebih beradaptasi terhadap hal-hal terkait dengannya termasuk kehilangan. Semoga bisa membantu.

Salam Sehat Jiwa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.