Kompas.com - 11/07/2014, 07:34 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com — Kini tak ada alasan lagi untuk mengurangi jadwal bersepeda karena takut dengan efeknya terhadap kesuburan. Sebuah studi terbaru menyebutkan, bersepeda tidak mengganggu kesuburan pria dan tidak menyebabkan disfungi ereksi.

Walau demikian, bersepeda mungkin meningkatkan risiko kanker prostat pada pria berusia 50 tahun. Para peneliti dari University College London melakukan penelitian tersebut dengan menganalisis data yang melibatkan 5.282 pria yang sering bersepeda.

Para pria tersebut mengisi survei online untuk melaporkan apakah mereka menderita disfungsi ereksi, apakah didiagnosis tidak subur, atau memiliki kanker prostat.

Responden dibagi dalam 4 kelompok berdasar jumlah waktu bersepeda setiap minggunya, yakni yang bersepeda kurang dari 3,75 jam; antara 3,76 dan 5,75 jam; 5,76 sampai 8,5 jam; dan terakhir yang bersepeda lebih dari 8,5 jam.

Ternyata tidak ditemukan kaitan antara gangguan kesuburan atau disfungsi ereksi dengan jumlah kilometer bersepeda setiap minggunya, bahkan pada mereka yang bersepeda lebih dari 8,5 jam.

Menurut ketua peneliti Mark Hamer, PhD, teknologi sadel yang makin modern tampaknya berpengaruh. "Ini melepaskan tekanan pada saraf untuk mencegah rasa tidak nyaman atau sensasi kebas yang sering muncul setelah bersepeda cukup lama," katanya.

Bersepeda terkait dengan peningkatan level protein PSA yang merupakan penanda kanker prostat. Hal ini terjadi karena tekanan pada sadel bisa menyebabkan cedera pada prostat dan memicu inflamasi.

Walau begitu, menurut Hamer, hal tersebut tidak selalu pasti. "Bersepeda dalam jumlah waktu yang moderat diketahui memiliki banyak manfaat. Karena itu, tak perlu takut untuk bersepeda karena manfaatnya lebih besar," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber WebMD
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.