Kompas.com - 12/07/2014, 14:17 WIB
EditorLusia Kus Anna

TANYA:
Selamat pagi dokter, saya mau bertanya saat ini saya, suda memiliki 1 putri usia 1 tahun 4 bulan. Dan sekarang saya menjalani KB suntik per  tiga bulan. Yang saya ingin tanyakan adalah apakah KB suntik itu memang tidak akan mendapatkan haid? karena sejak saya suntik KB saya tidak mendapatkan haid, hanya seperti flek saja dan jumlahnya sedikit. 

Apakah itu tidak berbahaya dan jika saya berhubungan intim terkadang mengeluarkan darah. Mohon informasinya ya dok, apakah itu normal atau berbahaya. Terima kasih
Susan (30), Jakarta

JAWAB:
Ibu Susan yth,

Memang salah satu efek dari kontrasepsi suntik tiga bulanan adalah tidak datangnya menstruasi. Itu masih normal dan tidak berbahaya. Kontrasepsi melalui suntik sebenarnya terdiri dari hormon yang akan menghambat terjadinya ovulasi.  Semoga KB-nya lancar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.