Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/07/2014, 15:22 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Mematikan lampu kamar saat tidur merupakan salah satu cara untuk membuat tidur lebih nyenyak. Tidur dalam gelap ternyata juga dianjurkan bagi wanita yang ingin segera hamil.

Suasana gelap ternyata dibutuhkan untuk kesehatan reproduksi pada wanita dan juga untuk melindungi perkembangan janin. Demikian disampaikan Russel J.Reiter, pakar bidang biologi seluler dari Universitas Texas Health Science Center.

Dalam analisa studi yang dimuat dalam jurnal Fertility and Sterility, Reiter dan timnya menemukan bahwa kadar melatonin dan irama sirkadian berperan penting dalam proses reproduksi wanita.

"Jika kita tidur dengan lampu kamar menyala, produksi melatonin akan berkurang," kata Reiter.

Melatonin adalah hormon yang dilepaskan oleh kelenjar pineal di otak saat kondisi gelap dan memicu kantuk. Hormon ini disebutkan sangat penting saat seorang wanita berusaha untuk hamil karena akan melindungi sel telur dari stres oksidatif.

Melatonin diketahui memiliki kandungan antioksidan kuat yang akan melindungi sel telur dari kerusakan akibat radikal bebas, terutama pada masa pembuahan.

"Jika seorang wanita berusaha untuk hamil, sebaiknya tidur cukup setidaknya 8 jam setiap malam dan tidurlah dalam gelap. Tidur dalam gelap juga harus menjadi rutinitas, jika tidak jam biologis bisa kebingungan," katanya.

Ia menambahkan, selama kehamilan tidur dalam gelap sebaiknya tidak diganggu dengan cahaya, terutama pada trimester ketiga kehamilan.

Menyalakan lampu saat tidur malam akan mengurangi produksi melatonin pada wanita, dan ini bisa berbahaya pada otak janin sehingga jumlah melatonin yang berfungsi mengatur jam biologis terganggu.

Penelitian pada hewan menunjukkan, lingkungan tidur yang gelap kemudian terang terkait dengan gangguan perilaku pada bayi baru lahir. Penelitian lain juga menduga tidur dengan lampu kamar terus menyala terkait dengan gangguan hiperaktif atau autisme pada anak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber foxnews
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+