Kompas.com - 17/07/2014, 17:08 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com -  Banyak alasan yang kerap menghalangi kita untuk menjalankan diet dengan benar. Misalnya saja, malas menghitung kalori makanan, tidak tahu olahraga yang tepat atau durasi yang perlu dilakukan untuk membakar kalori, dan masih banyak lagi.

Tetapi semua hambatan tersebut kelak tidak ada lagi. Di masa depan, menghitung kalori dalam rangka diet akan semudah melihat jam tangan.

Pakar di bidang teknologi diet Tim Vryenhoef memprediksi kecanggihan teknologi dalam membantu program penurunan berat badan di masa depan. Fitur canggih dalam berbagai peralatan elektronik tersebut terutama untuk menghitung kalori makanan.

Misalnya saja ada jam tangan pintar yang bisa melacak asupan kalori kita, cermin pintar yang akan memberi gambaran berat badan ideal yang harus dicapai, serta troli belanja dengan lampu peringatan yang akan menyala jika kita memasukkan makanan tidak sehat.

Ia yakin di masa depan arloji akan semakin canggih. Vryenhoef menyebut salah satunya adalah jam tangan pintar yang disebut-sebut sedang didesain oleh Apple. "Jam tangan kelak secara otomatis bisa menunjukkan jumlah kalori yang sudah kita makan dalam satu hari," katanya.

Selain itu fitur canggih lain adalah bisa menunjukkan target kalori dalam satu hari dan juga target penurunan berat badan yang harus dicapai. Bukan hanya itu, jam tangan pintar tersebut juga bisa mengirimkan pesan motivasi pada waktu-waktu tertentu, terutama di jam ngemil.

Saat ini sebenarnya sudah ada produk yang memiliki fitur mirip, antara lain aplikasi MyFitnessPall yang bisa diselaraskan dengan alat penghitung detak jantung dan pernapasan. Jam ini bukan hanya menunjukkan waktu, tapi juga langkah kaki, kalori yang terbakar, dan detak jantung.

Alat canggih lainnya yang bisa kita andalkan untuk diet adalah pemindai kacamata Google yang memiliki fitur mengukur jumlah kalori dari setiap produk makanan yang akan dibeli.

Saat makan di restoran kita juga bisa dengan mudah menilai jumlah kalorinya dengan memotret makanan tersebut dan melacaknya di layar ponsel.

Dengan berbagai fitur canggih tersebut, tentu tak ada alasan lagi untuk gagal dalam menurunkan berat badan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Dailymail

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.