Kompas.com - 23/07/2014, 17:14 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

 

 

KOMPAS.com - Kebiasaan konsumsi sayur dan buah tidak selalu mudah diterapkan untuk anak-anak, termasuk untuk anak-anak dari penyanyi Widi Mulia atau lebih dikenal dengan nama Widi B3. Widi mengaku memiliki strategi khusus untuk membuat anaknya mau makan sayur dan buah.

"Kita semua rasanya sepakat sayur dan buah penting untuk kesehatan tubuh. Bila ingin anak punya kebiasaan itu, orangtua harus mencontohkan," ujarnya saat ditemui dalam acara peluncuran produk kesehatan makanan di Jakarta, Rabu (23/7/2014).

Dengan diberi teladan oleh orangtua, anak lebih mudah untuk meniru kebiasaan makan yang baik. Widi pun mengakui anaknya cukup menyukai sayur dan buah. Meskipun anaknya masih sangat pemilih, ada beberapa jenis sayur dan buah yang tidak mau dimakannya.

Nah, bila sayur dan buah yang tidak mau dimakan itu ternyata baik untuk kesehatan, Widi tak lantas membiarkannya. Ia menggunakan teknik "iming-iming" supaya anaknya mau dan terbiasa makan makanan sehat yang tidak disukai anaknya.

"Kalau anak sudah bisa diajak ngobrol dan bersepakat, saya biasanya mengiming-imingi mereka dengan makanan yang mereka sukai. Misalnya kita tahu mereka sangat suka ayam goreng, nah sebelum diberi ayam goreng, mereka harus makan buah terlebih dulu," ungkap ibu dua anak ini.

Namun Widi menekankan pentingnya syarat yang spesifik pada saat memberikan penawaran. Misalnya sebelum boleh makan ayam goreng, si kecil harus makan buah lima potong. Kalau tidak mau makan atau tidak habis, maka ayam goreng tidak akan diberi.

"Cara ini cukup berhasil, biasanya mereka akan bela-belain untuk makan buah yang enggak mereka suka demi ayam goreng. Anak saya suka apel, melon, jeruk, tetapi enggak suka pir, buah naga, dan kiwi. Padahal buah yang dia enggak suka itu kan bagus juga manfaatnya, makanya saya pakai cara itu," terangnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.