Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/07/2014, 17:14 WIB
Unoviana Kartika

Penulis

 

 

KOMPAS.com - Kebiasaan konsumsi sayur dan buah tidak selalu mudah diterapkan untuk anak-anak, termasuk untuk anak-anak dari penyanyi Widi Mulia atau lebih dikenal dengan nama Widi B3. Widi mengaku memiliki strategi khusus untuk membuat anaknya mau makan sayur dan buah.

"Kita semua rasanya sepakat sayur dan buah penting untuk kesehatan tubuh. Bila ingin anak punya kebiasaan itu, orangtua harus mencontohkan," ujarnya saat ditemui dalam acara peluncuran produk kesehatan makanan di Jakarta, Rabu (23/7/2014).

Dengan diberi teladan oleh orangtua, anak lebih mudah untuk meniru kebiasaan makan yang baik. Widi pun mengakui anaknya cukup menyukai sayur dan buah. Meskipun anaknya masih sangat pemilih, ada beberapa jenis sayur dan buah yang tidak mau dimakannya.

Nah, bila sayur dan buah yang tidak mau dimakan itu ternyata baik untuk kesehatan, Widi tak lantas membiarkannya. Ia menggunakan teknik "iming-iming" supaya anaknya mau dan terbiasa makan makanan sehat yang tidak disukai anaknya.

"Kalau anak sudah bisa diajak ngobrol dan bersepakat, saya biasanya mengiming-imingi mereka dengan makanan yang mereka sukai. Misalnya kita tahu mereka sangat suka ayam goreng, nah sebelum diberi ayam goreng, mereka harus makan buah terlebih dulu," ungkap ibu dua anak ini.

Namun Widi menekankan pentingnya syarat yang spesifik pada saat memberikan penawaran. Misalnya sebelum boleh makan ayam goreng, si kecil harus makan buah lima potong. Kalau tidak mau makan atau tidak habis, maka ayam goreng tidak akan diberi.

"Cara ini cukup berhasil, biasanya mereka akan bela-belain untuk makan buah yang enggak mereka suka demi ayam goreng. Anak saya suka apel, melon, jeruk, tetapi enggak suka pir, buah naga, dan kiwi. Padahal buah yang dia enggak suka itu kan bagus juga manfaatnya, makanya saya pakai cara itu," terangnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com