Kompas.com - 02/08/2014, 08:47 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com -
Menyenangkan memang melihat polah hewan kesayangan di rumah. Tetapi, kerepotan dalam pemeliharaannya membuat banyak orang mengurungkan niatnya untuk memiliki hewan peliharaan.

Keputusan untuk memiliki hewan peliharaan memang hal yang personal, termasuk jenis hewannya. Selain menjadi teman, sebenarnya memiliki hewan peliharaan punya banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan psikis. Dalam sebuah penelitian, paling tidak ada 4 manfaat kesehatan dari memiliki hewan.

1. Banyak bergerak
Tentu saja waktu Anda bermalas-malasan di sofa akan berkurang jika Anda memiliki hewan peliharaan. Selain harus mengajaknya bermain, pemilik hewan peliharaan seperti anjing punya kewajiban untuk membawa si anjing berjalan-jalan.

2. Secara umum lebih sehat
Dalam sebuah studi dengan mengamati para pemilik hewan menunjukkan, setelah sebulan memiliki hewan kesayangan, para pemilik hewan peliharaan secara umum lebih sehat.

3. Mental lebih sehat
Studi yang sama juga menunjukkan, para pemilik hewan lebih sehat secara psikologis. Mereka lebih gembira, sehat, dan mampu beradaptasi dengan lingkungan lebih baik, dibandingkan dengan bukan pemilik hewan. Membawa hewan peliharaan berjalan-jalan atau mengikuti komunitas pecinta binatang juga membuat kita mendapat banyak teman baru.

4. Mengurangi risiko alergi
Alergi pada binatang adalah salah satu alasan mengapa orang malas memelihara hewan. Padahal, anak-anak yang tumbuh besar dengan anjing peliharaan di rumah lebih jarang menderita eksim. Meski begitu, manfaa tersebut tidak didapatkan pada pemilik kucing.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.