Kompas.com - 05/08/2014, 07:48 WIB
Ilustrasi sakit kepala SHUTTERSTOCKIlustrasi sakit kepala
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Saat mengalami migrain, sakit kepala, atau kepala terasa tertekan karena stres tentu mengganggu aktivitas sehari-hari, baik bekerja atau bersosialisasi. Obat-obat pereda rasa sakit pun seperti ibuprofren seringkali dijadikan pilihan.

Kendati demikian, memilih obat-obatan tersebut bukannya tanpa risiko. Pasalnya jika diminum dalam jangka waktu yang panjang, obat-obatan tersebut dapat merusak dinding lambung. Karena itu, saat migrain menyerang, ada baiknya Anda memilih cara yang lebih alami untuk mengatasinya.

1. Minum banyak air dan makan sesuatu
Langkah ini mudah dilakukan. Saat mengalami sakit kepala, kemungkinan penyebabnya adalah dehidrasi. Maka mencukupi kebutuhan air adalah cara untuk membebaskan Anda dari kondisi tersebut. Tubuh yang mengalami dehidrasi artinya kehilangan elektrolit seperti sodium, klorida, dan potasium. Sehingga makan makanan dengan tinggi kandungan mineral-mineral ini juga akan membantu.

2. Bernapas di lingkungan lembab
Bila mengalami sakit kepala yang diakibatkan oleh penyumbatan saluran pernapasan, kelembaban merupakan kunci mengatasinya. Lendir dapat menutupi lubang hidung dan saluran pernapasan dapat mengeras sehingga memicu sakit kepala. Sementara kelembaban dapat membantu mengencerkannya kembali sehingga mudah untuk dikeluarkan. Lingkungan yang lembab misalnya mandi dengan air hangat yang beruap.

3. Kompres dahi dengan air dingin atau hangat
Setiap orang akan berbeda kebutuhannya. Bila mengalami sakit kepala tegang, maka lebih baik gunakan kompres air hangat, tujuannya untuk mengurangi ketegangan pada otot. Namun bila sakit kepala berupa nyeri, kompres dingin bisa membantu mengurangi nyeri tersebut.

4. Pijat kepala
Pijat merupakan cara efektif untuk menghentikan ketegangan pada kepala yang merupakan tipe sakit kepala yang paling umum. Sakit kepala tegang biasanya diakibatkan oleh bekerja terlalu keras, melewatkan waktu makan, depresi, cemas, atau kurang tidur.

5. Minyak peppermint
Peppermint merupakan herbal yang berguna untuk mengurangi nyeri, termasuk sakit kepala. Kombinasi air mint, spearmint, dan peppermint telah diketahui sejak lama sebagai obat alami dari sakit kepala, mual, perut kembung, gangguan pencernaan, dan nyeri pada perut.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X