Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/08/2014, 07:48 WIB
Unoviana Kartika

Penulis

KOMPAS.com - Saat mengalami migrain, sakit kepala, atau kepala terasa tertekan karena stres tentu mengganggu aktivitas sehari-hari, baik bekerja atau bersosialisasi. Obat-obat pereda rasa sakit pun seperti ibuprofren seringkali dijadikan pilihan.

Kendati demikian, memilih obat-obatan tersebut bukannya tanpa risiko. Pasalnya jika diminum dalam jangka waktu yang panjang, obat-obatan tersebut dapat merusak dinding lambung. Karena itu, saat migrain menyerang, ada baiknya Anda memilih cara yang lebih alami untuk mengatasinya.

1. Minum banyak air dan makan sesuatu
Langkah ini mudah dilakukan. Saat mengalami sakit kepala, kemungkinan penyebabnya adalah dehidrasi. Maka mencukupi kebutuhan air adalah cara untuk membebaskan Anda dari kondisi tersebut. Tubuh yang mengalami dehidrasi artinya kehilangan elektrolit seperti sodium, klorida, dan potasium. Sehingga makan makanan dengan tinggi kandungan mineral-mineral ini juga akan membantu.

2. Bernapas di lingkungan lembab
Bila mengalami sakit kepala yang diakibatkan oleh penyumbatan saluran pernapasan, kelembaban merupakan kunci mengatasinya. Lendir dapat menutupi lubang hidung dan saluran pernapasan dapat mengeras sehingga memicu sakit kepala. Sementara kelembaban dapat membantu mengencerkannya kembali sehingga mudah untuk dikeluarkan. Lingkungan yang lembab misalnya mandi dengan air hangat yang beruap.

3. Kompres dahi dengan air dingin atau hangat
Setiap orang akan berbeda kebutuhannya. Bila mengalami sakit kepala tegang, maka lebih baik gunakan kompres air hangat, tujuannya untuk mengurangi ketegangan pada otot. Namun bila sakit kepala berupa nyeri, kompres dingin bisa membantu mengurangi nyeri tersebut.

4. Pijat kepala
Pijat merupakan cara efektif untuk menghentikan ketegangan pada kepala yang merupakan tipe sakit kepala yang paling umum. Sakit kepala tegang biasanya diakibatkan oleh bekerja terlalu keras, melewatkan waktu makan, depresi, cemas, atau kurang tidur.

5. Minyak peppermint
Peppermint merupakan herbal yang berguna untuk mengurangi nyeri, termasuk sakit kepala. Kombinasi air mint, spearmint, dan peppermint telah diketahui sejak lama sebagai obat alami dari sakit kepala, mual, perut kembung, gangguan pencernaan, dan nyeri pada perut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com