Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/08/2014, 20:03 WIB
Unoviana Kartika

Penulis

Sumber Menshealth

KOMPAS.com - Udara sejuk memang nyaman untuk tidur, namun udara panas pun tidak harus membuat Anda kesulitan tidur. Ini karena ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menyiasati udara panas tersebut sehingga tidur pun tetap nyaman. Berikut beberapa caranya.

1. Tidur dengan matras
Supaya nyaman tidur di suhu udara yang panas, Anda sebenarnya tidak harus mendinginkan seluruh ruangan, tetapi cukup tempat tidur saja. Menurut W Christopher Winter, pakar kesehatan tidur dari Men's Health, memakai matras untuk melapisi tempat tidur yang dapat menyerap panas dari tubuh akan membuat kasur terasa lebih sejuk.

2. Dinginkan bantal
Sarung bantal yang dingin dapat membuat keseluruhan benda tersebut menjadi sejuk untuk ditiduri. Salah satu caranya yaitu dengan memasukkan sarung bantal ke dalam plastik kemudian menyimpannya di lemari pendingin selama dua jam sebelum tidur.

3. Mandi
Mandi air dingin sebelum tidur akan membuat tubuh lebih segar dan rileks. Winter mengatakan, mandi dapat menurunkan suhu tubuh, sehingga lebih siap untuk mendapatkan tidur yang nyaman.

4. Minum
Dehidrasi akan merusak tidur. Apalagi kondisi ini lebih mudah terjadi saat tubuh berkeringat karena udara panas. Maka untuk membuat tidur lebih nyaman, orang perlu memberi perhatian lebih pada pemenuhan cairan tubuhnya, khususnya sebelum tidur. Demikian menurut Carol Ash, direktur kesehatan tidur dari Meridian Health di New Jersey.

5. Redupkan lampu
Dibandingkan dalam ruangan terang, akan lebih mudah untuk mendapatkan tidur yang nyaman di ruangan yang gelap saat kondisi cuaca panas.

6. Gunakan baju tidur yang longgar
Baju tidur juga mempengaruhi kenyamanan tidur, apalagi dalam cuaca panas. Baju tidur longgar dengan bahan yang mampu menyerap keringat seperti katun akan membantu Anda tidur lebih nyaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com