Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/08/2014, 08:53 WIB

KOMPAS.com
— Pada Rabu (13/8/2014) lalu diperingati secara internasional sebagai Hari Bertangan Kidal atau Left-Handers Day. Ya, mungkin Anda baru saja mengetahui bahwa ada hari khusus yang didedikasikan bagi mereka yang memiliki kecenderungan menggunakan tangan kiri untuk beraktivitas sehari-hari.

Hingga saat ini, populasi manusia yang bertangan kidal memang tidak banyak. Dari survei terakhir menyebutkan bahwa hanya 10 persen dari total populasi dunia yang memiliki kebiasaan bertangan kidal.

Tidak ada yang salah dengan mereka yang bertangan kidal, meski dahulu kala, komunitas sering menganggap mereka yang bertangan kidal sebagai kelompok aneh. Namun, seiring perkembangan zaman, mereka yang bertangan kidal tidak dibedakan, bahkan muncul sebagai karakter-karakter unik yang mewarnai kehidupan.

Tetapi, mau tak mau, sebagai kalangan minoritas, banyak masalah yang harus dihadapi oleh mereka yang bertangan kidal, mengingat banyak fasilitas dan benda-benda yang memang secara general diciptakan untuk mereka yang bertangan kanan.

Berikut beberapa masalah atau kesulitan yang kerap menjadi pergumulan bagi mereka yang bertangan kidal. Mungkin dengan memahami masalah ini, yang bertangan kanan bisa memahami kesulitan sesama kita yang kebetulan bertangan kidal.

1.  Cincin binder

Terkesan sepele. Tetapi, tahukah Anda, mereka yang bertangan kidal menemui kesulitan yang luar biasa saat harus menggunakan buku atau notebook dengan cincin binder berada di sebelah kiri? Cincin spiral di sisi buku atau notebook itu memang diciptakan untuk manusia yang bertangan kanan. Bisa Anda bayangkan, kan, repotnya jika setiap kali menulis, pergelangan tangan harus berlawanan dengan cincin binder itu.

2.  Pulpen

Tidak ada pulpen yang didesain khusus untuk mereka yang bertangan kidal. Karena itu, mereka yang bertangan kidal pasti mengalami kesulitan dengan genggaman jari-jari mereka.

3.  Gunting

Sebenarnya, meski jumlahnya sangat sedikit, saat ini sudah ada gunting yang didesain khusus untuk pemakai yang kidal. Tetapi ternyata, setelah dicoba, mereka justru mengalami lebih banyak kesulitan. Tak ada jalan lain bagi mereka yang bertangan kidal selain harus belajar menggunakan gunting normal.

4.   Usia lebih pendek

Secara ilmu pengetahuan, sudah banyak studi yang mengatakan bahwa mereka dengan kecenderungan menggunakan tangan kiri akan berusia lebih pendek daripada mereka yang bertangan kanan.

5.  Lebih cepat marah

Lewat sebuah studi pada tahun 2012 yang digagas oleh The Journal of Nervous and Mental Disease, pengguna tangan kiri ternyata memiliki kecenderungan untuk berpikir negatif dan penuh amarah ketimbang mereka yang bertangan kanan. Kemungkinan besar hal itu disebabkan oleh tekanan yang harus mereka terima sejak kecil dan keharusan untuk beradaptasi dengan banyak hal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com