Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memikirkan Pasangan, Cara Mudah Bangkitkan Energi

Kompas.com - 19/08/2014, 09:38 WIB
Unoviana Kartika

Penulis

Sumber Menshealth

KOMPAS.com - Terkadang rasa jenuh dan bosan datang di sela-sela waktu bekerja. Namun perasaan tersebut harus segera disingkirkan supaya tetap produktif. Bila secangkir kopi sudah tidak mampu membangkitkan rasa semangat Anda hari ini, maka ada hal sederhana lain ternyata yang bisa dilakukan.

Sebuah studi asal University of Western Ontario di Kanada menemukan, memikirkan pasangan dapat menjadi cara sederhana untuk memperbaiki nuansa hati (mood) dan meningkatkan energi. Peneliti menemukan, berkhayal tentang pasangan yang dicintai akan memicu reaksi kimiawi di tubuh yang meningkatkan kadar gula darah. Hasilnya, seseorang akan merasakan lonjakan energi di dalam dirinya.

Sarah Stanton, lulusan doktoral di bidang psikologi di Western Ontario University mengatakan, meskipun tidak terasa sama, namun respons tubuh terhadap pemikiran ini dapat membantunya mengurangi stres yang buruk.

Saat sedang menghadapi deadline atau terlambat datang ke pertemuan, tubuh mengeluarkan energi yang membuatnya bekerja lebih keras dan bergerak lebih cepat. Respons ini membuat tubuh siap untuk bergerak dan menghadapi tantangan.

"Perasaan jatuh cinta akan memberikan respons tubuh yang hampir sama ketika sedang dalam keadaan terburu-buru," kata Stanton.

Perbedaannya hanyalah pada perasaan negatif yang berhubungan dengan stres. Maka dengan merasakan cinta, seseorang dapat meningkatkan energi tanpa khawatir, panik, ataupun cemas. "Dengan kata lain, jatuh cinta merupakan penghilang stres yang baik," ujarnya.

Saat kurang bersemangat ataupun stres, ia menyarankan untuk sejenak memejamkan mata dan berpikir tentang pasangan. Visualisasikan wajah dan tubuh pasangan sedetail yang Anda bisa. Rasakan kembali saat menikmati momen favorit dengan pasangan. Penelitian menunjukkan, hal itu dapat membangkitkan energi Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com