Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/09/2014, 11:39 WIB
Dian Maharani

Penulis



KOMPAS.com
– Tulang mulai keropos dan otot lemas merupakan masalah umum ketika usia terus bertambah. Jagalah sendi-sendi tulang tetap sehat sehingga Anda bisa tetap lincah menjalani aktivitas sehari-hari. Berikut tiga langkah untuk memperkuat persendian.

1. Olahraga teratur

Pakar terapi fisik dari Winston-Salem State University di Carolina Utara, A Lynn Millar, mengatakan, banyak olahraga yang bisa dilakukan untuk menguatkan persendian. Olahraga yang teratur dapat meningkatkan kepadatan tulang dan membuat otot yang mengelilingi sendi-sendi Anda menjadi kuat. “Berjalan kaki, berlari, atau bersepeda, semua pilihan yang baik,” kata Milliar.

2. Gerakan membangun kekuatan otot
Membangun kekuatan otot, terutama pada kaki juga baik untuk menjaga sendi yang sehat. Cobalah tiga gerakan ini dan ulangi 2-3 kali dalam seminggu.

- Jongkok. Lakukan gerakan ini berulang kali. Anda bisa melakukan gerakan dengan sikap seperti duduk di kursi. Sejajarkan lutut dengan jari-jari kaki Anda. Tahan selama 15-30 detik.

- Menekuk lutut. Biarkan badan Anda tetap tegak, kemudian tekuk lutut pada kaki kanan ke depan. Lakukan juga pada kaki kiri Anda.

- Pose terbang. Berdirilah pada satu kaki dengan mengangkat satu kaki lainnya ke belakang, kemudian membungkuk perlahan. Lalu, angkat kedua tangan, sejajarkan dengan kepala. Untuk menjaga keseimbangan, Anda bisa menggunakan kursi maupun peralatan gym. Lakukan lah 10-30 detik dan ulangi pada masing-masing kaki Anda.

3. Perkuat bagian inti tubuh

SHUTTERSTOCK Ilustrasi olahraga ringan

-Curl-up. Mulailah dengan posisi tidur. Kemudian tekuk lutut Anda, biarkan telapak kaki tetap menyentuh lantai. Setelah itu angkat perlahan kepala dan badan Anda.

-Push up. Lalukan gerakan push up dengan bertumpu pada dua tangan. Push up dengan posisi berlutut juga bisa dilakukan.

-Side plank.  Buatlah posisi tubuh Anda miring. Bertumpulah pada siku dan kaki Anda. Tubuh tetap dalam garis lurus dari kepala sampai kaki. Lakukan lah selama 30 detik dan ulangi sebanyak tiga kali. Latihan ini untuk memperkuat tubuh Anda. Lakukan lah 2-3 kali  dalam seminggu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com