Kompas.com - 05/09/2014, 08:30 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Meski area bahu dan punggung tak terlalu sering terekspos, tapi timbunan lemak di area ini bisa menyebabkan rasa tak nyaman. Memang tak mudah membakar lemak hanya pada satu area tubuh saja, tetapi trik berikut ini bisa membantu mempercepat membakar lemak di area punggung.

- Tambahkan latihan kardio
Jika Anda serius ingin menyingkirkan lemak, mulailah lebih serius dengan latihan kardio. Latihan 60 menit lima kali dalam seminggu sangat direkomendasikan. Untuk latihan yang lebih intens, cobalah latihan interval di antara jeda waktu latihan. Latihan interval diketahui memiliki efek pembakaran kalori lebih lama setelah selesai berolahraga.

- Fokus pengencangan
Tambahkan gerakan-gerakan yang bisa memahat bagian punggung atau bahu. Latihan memperbaiki postur dan fokus pada pengencangan otot di bagian ini harus lebih sering dilakukan.

- Lakukan yoga
Latihan beban dan kardio yang berkualitas memang menjadi kunci, tapi berlatih yoga juga akan membantu mengurangi lemak.

- Makan cermat
Pilihlah makanan sehat, bukan hanya saat makan besar tapi juga termasuk sarapan, makan siang, makan malam, dan camilan.

- Sesuaikan nomer pakaian
Memang trik ini tak membantu membakar lemak, tapi memilih pakaian atau bra dengan satu ukuran lebih besar setidaknya bisa membuat Anda lebih nyaman dan tak terlalu stres.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.