Kompas.com - 09/09/2014, 15:08 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Manfaat meminum kopi bagi kesehatan gigi dan mulut saat ini masih diperdebatkan. Banyak penelitian menyatakan, meminum kopi hanya dapat membuat warna gigi Anda menjadi kusam atau kuning. Perubahan warna gigi itu karena kandungan kafein pada kopi yang menempel di lapisan luar gigi.

Akan tetapi, penelitian lain dari Universitas Boston menemukan bahwa minum kopi bisa bermanfaat bagi kesehatan gigi. Menurut penelitian ini, minum kopi justru dapat membantu melindungi Anda dari penyakit periodontal seperti peradangan gusi dan tulang rahang.

Berdasarkan hasil survei terhadap 1.000 pria berusia hingga 30 tahun, para peneliti menemukan bahwa orang-orang yang minum satu cangkir kopi atau lebih setiap harinya, lebih sedikit mengalami gangguan pada gigi, seperti penyakit periodontal.

Periodontal merupakan jaringan yang menghubungkan antara gigi dan tulang penyangga gigi. Penyakit ini disebabkan adanya infeksi akibat bakteri yang menempel pada gigi. Penyakit ini menyebabkan gigi menjadi goyang atau tidak kuat. Kemudian berakibat pada copotnya gigi Anda.

Para peneliti menemukan bahwa meminum kopi bisa  menghentikan perkembangan bakteri-mengumpul di gigi. Mereka meyakini, kandungan antioksidan dalam kopi dapat mencegah penumpukan plak pada permukaan gigi.

"Kopi bisa mematikan proses inflamasi dalam tubuh yang biasanya akan berbahaya pada gusi dan tulang rahang gigi," kata penulis hasil studi, Raul Garcia.

Meminum kopi memang tetap akan membuat warna gigi Anda kusam. Namun, menurut Gracia, Anda tak perlu khawatir hanya karena hal itu. Menurut dia, kadar asam pada kopi lebih sedikit dibandingkan banyak minuman lain seperti jus buah, soda, dan minuman berenergi. Menurut hasil studi oleh British Journal of Nutrition, semua minuman yang mengandung asam itu dapat mengikis enamel yang melindungi gigi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber foxnews

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.