Kompas.com - 09/09/2014, 16:21 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com -
Tubuh langsing memang diidamkan banyak wanita. Namun, jangan asal mengonsumsi obat maupun minuman pelangsing, tak terkecuali yang mengklaim sebagai produk herbal atau jamu. Maksud hati ingin menurunkan berat badan justru bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Salah satunya adalah jika Anda mengosumsi jamu pelangsing yang diklaim terbuat dari bahan alami namun sebenarnya mengandung siburtamine. Ahli farmakologi, Prof. Aznan Lelo, Sp.FK mengatakan, efek samping mengonsumsi siburtamin sangat berbahaya bagi tubuh.

"Siburtamine itu memang digunakan untuk membuat selera makan kurang. Tapi dia punya efek samping yang sangat menakutkan. Mulai dari tensi naik, darah tinggi, jantung, stroke, dan sangat banyak," kata Aznan saat dihubungi Kompas.com, Selasa (9/9/2014).

Salah satu korban dari klaim jamu pelangsing yang ternyata mengandung siburtamine adalah Hilda. Wanita ini mendapatkan produk jamu yang dijual dengan metode multi level marketing.

"Di awal-awal, saya girang luar biasa, karena dalam empat hari berat badan turun dua kg. Tapi efek negatifnya baru terasa seminggu kemudian. Mual-mual, selalu haus, nggak nafsu makan, dan badan selalu terasa panas," ujar Hilda kepada Warta Kota, Kamis (4/9).

Berat badannya memang turun cukup cepat, dalam empat hari bobotnya turun 2 kg. Lewat seminggu setelah pemakaian, ia merasakan efek samping seperti cepat capek, tubuh selalu berkeringat, dan selalu emosian.  Akhirnya karena tidak tahan dengan efek sampingnya ia menghentikan pemakaian jamu tersebut.

Menurut Aznan, siburtamine sangat jarang disarankan oleh para dokter. Para dokter harus mempertimbangkan banyak hal karena pemakaian siburtamine tidak aman bagi tubuh. Bahkan, seharusnya siburtamine tidak dengan bebas diproduksi dengan dicampur jamu dan beredar di pasaran.

"Itu tidak populer di kalangan doker. Anehnya, bisa diprosuksi produsen jamu. Itu tidak boleh," ujar Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utera ini.

Aznan mengatakan, banyak konsumsi siburtamine sangat berbahaya bagi sistem jantung dan pembuluh darah. Konsumsi siburtamine memang membuat selera makan Anda berkurang. Ini yang menyebabkan berat badan turun. Namun, penurunan berat badan itu tidak diiringi dengan kondisi tubuh yang sehat.

Untuk itu, Anda tidak disarankan meminum jamu pelangsing dengan siburtamine untuk membuat berat badan ideal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.