Kompas.com - 29/09/2014, 11:59 WIB
Milagros Cerron, bayi perempuan dari Peru yang mendapat julukan duyung cilik. DailymailMilagros Cerron, bayi perempuan dari Peru yang mendapat julukan duyung cilik.
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Selama ribuan tahun cerita khayalan tentang gadis cantik yang memiliki ekor seperti ikan atau putri duyung telah menjadi legenda dan dongeng anak-anak. Para ahli menduga putri duyung kemungkinan terinspirasi dari kondisi medis yang disebut sirenomelia.

Sirenomelia atau sindrom putri duyung adalah kelainan dimana kaki penderita memutar dan menyatu sehingga menyerupai ekor ikan duyung. Kelainan yang langka ini sebenarnya mengancam jiwa orang yang mengalaminya.

Ahli sejarah medis Lindsey Fitzharris dari Universitas Oxford mengatakan, sirenomelia dipicu oleh kegagalan sistem peredaran darah di kandungan, ketika tali pusat bayi gagal membentuk dua arteri. Akibatnya, janin tidak mendapat persediaan darah yang memadai.

Pembuluh darah tunggal tersebut lalu "mencuri" darah dan nutrisi dari tubuh bagian bawah. Hal ini akan mengubah bagian tubuh tersebut menjadi plasenta. Di sisi lain, malnutrisi yang diderita janin akan membuatnya gagal membentuk sepasang kaki.

Sirenomelia sangat langka karena terjadi pada 1 dari 100.000 bayi, tapi mayoritas dialami  kembar identik. Bayi dengan sirenomelia biasanya hanya bertahan hidup beberapa hari dan lebih dari setengahnya mati saat dilahirkan.

Karena kelangkaan kasus, Fitzharris mengaku sulit mengumpulkan informasi tentang kasus seperti ini. "Kasus ini terlalu langka, saya juga kesulitan menemukan contoh anatomi bayi sirenomelia," kata Fitzharris.

Ia sempat mencari di Museum Hunterian di London dan tidak membuahkan hasil. Namun ia pernah mendengar ada bayi yang lahir dengan kondisi sirenomelia yang diawetkan di pajang di abad 19.

Koleksi fetus terlengkap sejauh ini ada di Museum Vrolik, Amsterdam. Terdapat lebih dari 5000 contoh anatomi manusia dan hewan, termasuk anomali embriologi, patologi, dan bawaan sejak lahir.

Ia menjelaskan, hanya sedikit bayi dengan sirenomelia yang berumur panjang. Kebanyakan meninggal dunia beberapa hari setelah dilahirkan karena gagal ginjal atau kandung kemih.

Meskipun kemungkinan hidupnya kecil, sejarah mencatat beberapa nama yang berhasil bertahan hingga dewasa. Salah satunya Tiffany Yorks.

Halaman:

Sumber Dailymail
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X