Kompas.com - 07/10/2014, 08:00 WIB
Madu bisa dicampur dengan bahan lainnya untuk membantu melembabkan kulit lebih maksimal ShutterstockMadu bisa dicampur dengan bahan lainnya untuk membantu melembabkan kulit lebih maksimal
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Madu memang pemanis alami yang istimewa. Sejak berabad-abad lalu madu sudah dipakai dalam dunia kesehatan. Ketahui apa saja keistimewaan madu bagi tubuh.

1. Meredakan batuk
Madu bisa menjadi penyelamat saat musim dingin. Berdasarkan studi Kesehatan pada anak dan remaja, ternyata madu lebih unggul untuk meredakan gejala batuk dan meningkatkan kualitas tidur anak. Penelitian tersebut membandingkan efek madu melawan penekan batuk dextrometropan rasa madu terhadap 100 anak yang sedang flu. Tak heran jika WHO juga memasukkan madu ke dalam cairan manis yang bisa melindungi tenggorokan dan mengurangi iritasi.

2. Mengobati luka
Sejak lama madu memiliki reputasi sebagai penyembuh. Hal ini ditemukan pada catatan dari tahun 2100-2000 sebelum masehi di Sumerian yang menyebutkan fungsi madu sebagai obat dan salep.
Di Selandia Baru terdapat madu Manuka yang berasal dari lebah yang menyerbukkan secara alami semak manuka. Khasiatnya cukup baik untuk pasien yang mengalami luka tergores dan borok. Selain kandungan antibakteri, madu ini juga menyejukkan.

Semua jenis madu juga sebenarnya berkhasiat. Studi yang dimuat di British Journal of Surgery, menyebutkan peneliti Nigeria menggunakan madu untuk menyembuhkan 59 pasien dengan maag akut. Hampir semua mengalami perbaikan dan luka yang terinfeksi serta maag menjadi sembuh sekitar satu minggu sejak menggunakan madu.

3. Mengatasi ketombe
Khasiat madu bagi kecantikan sudah sejak lama diketahui. Salah satunya adalah mengatasi ketombe membandel dan gatal, terutama akibat jamur. Caranya pun mudah, cukup oleskan campuran madu pada kulit kepala setiap hari selama beberapa minggu. Rasa gatal dan luka di kulit kepala bisa sembuh.

4. Meningkatkan energi
Ada kesalahpahaman bahwa karbohidrat tidak baik untuk tubuh. Sesungguhnya, setiap makanan sehat termasuk buah, sayuran dan kacang mengandung karbihidrat. Lagi pula, sistem pencernaan membutuhkan glukosa yang mengirim energi ke sel, jaringan, dan organ.

Madu sebanyak 17 gram karbohidrat per sendok teh dapat menjadi sumber makanan yang dapat membantu menyingkirkan rasa lesu. Madu  juga bisa dijadikan camilan sebelum atau sesudah olahraga. Selain sumber karbohidrat, madu juga sumber energi yang tidak membuat gula darah berfluktuasi dan kadar insulin bertahan lebih lama. (Eva Erviana)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X