Kompas.com - 10/10/2014, 08:15 WIB

KOMPAS.com - Ada banyak informasi keliru tentang penyakit skizofrenia. Sebagian besar disebabkan karena stigma yang ada di masyarakat, atau informasi keliru yang disebarkan oleh film dan tayangan televisi.  Ketahui apa saja fakta di balik mitos skizofrenia.

Mitos: Orang dengan skizofrenia punya dua kepribadian

Ini adalah kesalahpahaman paling sering tentang skizofrenia. Dalam sebuah survei di AS, 64 persen responden mengira skizofrenia merupakan kepribadian ganda seperti halnya dua orang yang berbeda.

Sebenarnya orang dengan skizofrenia (ODS) tak memiliki kepribadian ganda, namun mereka mengalami kesulitan memahami realita dan kerap berhalusinasi. Skizofrenia dengan kepribadian ganda adalah dua kondisi yang berbeda dan tidak terkait.

Mitos: ODS berbahaya dan suka melakukan kekerasan

Di film atau serial TV, siapa yang kerap menjadi pembunuh berbahaya? Biasanya tokoh tersebut adalah ODS. Padahal di dunia nyata tidak demikian.

Meski ODS sering tidak bisa diprediksi, sebagian besar tidak berbahaya, terutama jika ia menjalani terapi pengobatan dengan baik. Bila ODS melakukan kekerasakan, biasanya itu juga dipengaruhi kondisi lain, seperti trauma masa kecil atau penggunaan narkoba.

Mitos: Skizofrenia disebabkan oleh pola asuh salah

Skizofrenia adalah penyakit gangguan jiwa. Penyebabnya beragam, termasuk faktor gen, trauma, atau penyalahgunaan narkoba.

Mitos: Jika orangtua ODS, anaknya juga rentan

Halaman:
Baca tentang

Video Pilihan

Sumber WebMD
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.