Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/10/2014, 19:17 WIB

TANYA:
 
Siang dok, sudah 7 bulan saya selalu merasa seolah-olah akan mati dalam waktu dekat. Jika asma saya kambuh atau maag saya terasa nyeri, saya selalu berasumsi bahwa saya akan mati, saya sampai tidak berani kemana-mana sendirian. Jika ada tetangga yang meninggal rasanya takut sekali dok dan pasti badan saya lemas dan jantung berdetak kencang.

Jujur ini sangat menyiksa sekali dok, saya sudah coba hypnotherapi, ruqiah, cek dokter, tapi masih belum membuahkan hasil. Apa sebenarnya yang saya rasakan ini dok ? Mohon penjelasannya terima kasih
 Detty (35), Malang
 
JAWAB:

Ibu Detty yang baik,
Kekhawatiran akan mati yang berkaitan dengan sesuatu yang belum jelas sumbernya biasanya berkaitan dengan masalah gangguan kecemasan. Salah satu gejala pasien gangguan kecemasan panik atau Panic Disorder misalnya adalah ketakutan akan kematian.

Hampir kebanyakan pasien gangguan panik yang saya temui sehari-hari di klinik psikosomatik RS OMNI Alam Sutera juga mengalami ketakutan akan kematian apalagi jika serangan paniknya sering timbul.

Ibu Detty mungkin pernah mengalami masalah serangan asma yang akut yang membuat ibu sangat sulit bernafas dan akhirnya menjadi mengalami traumatik dan khawatir akan kematian. Tentunya masalah asma ini sendiri perlu mendapatkan penanganan yang baik dan tepat.

Ibu juga perlu memeriksakan diri ke psikiater agar mengetahui apakah kondisi khawatir akan kematian ini berhubungan dengan masalah kecemasan atau sebagai reaksi akan asma yang ibu derita. Melihat apa yang pernah ibu lakukan, rasanya akan lebih baik jika ibu segera periksa ke psikiater. Semoga membantu.

Salam Sehat Jiwa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com