Kompas.com - 20/10/2014, 10:21 WIB
|
EditorLusia Kus Anna


KOMPAS.com
 — Selama ini kita mengira kacamata gelap yang dikenakan Bono U2 adalah demi fesyen seorang bintang rock semata. Namun, ternyata kacamata itu digunakan untuk membantunya menghadapi penyakit glaukoma yang dihadapi Bono selama bertahun-tahun.

Ia mengatakan menderita penyakit glaukoma selama sekitar 20 tahun. Jika tak diobati, glaukoma menyebabkan kerusakan penglihatan, bahkan kebutaan.

Hingga sekarang kacamata itu tetap digunakan di dalam ruangan. Dalam rekaman acara untuk BBC, ia menjelaskan, kacamata gelap itu membantunya mengatasi permasalahan penglihatannya. Sebagaimana diketahui, glaukoma menyebabkan mata sensitif terhadap cahaya dan kacamata gelap dapat meringankan sensitivitas mata terhadap cahaya.

Bono mendapatkan pengobatan yang baik dan ia mengaku akan baik-baik saja. Glaukoma menyebabkan penumpukan tekanan di bola mata ketika cairan di mata tidak mengering dengan benar. Hal ini dapat merusak saraf optik di mata. Bila tak diobati, mata bisa kehilangan penglihatan periferal dan akhirnya kehilangan penglihatan sama sekali.

Diagnosis dini bermanfaat mencegah memburuknya penglihatan lebih jauh. Pengobatan dengan laser, obat tetes mata, dan tindakan bedah bisa menghentikan pemburukan. Meski demikian, kerusakan saraf optik tidak bisa dipulihkan.

Untuk sebagian besar jenis glaukoma, tak terlihat dengan jelas gejala-gejalanya karena penyakit ini berkembang sangat lambat. Masyarakat sering tidak menyadari penglihatan mereka memburuk karena bagian pertama penglihatan yang rusak adalah penglihatan tepi atau periferal. Dari tepi, penglihatan memburuk perlahan-lahan menuju bagian tengah mata.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Daily Mail
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.