Kompas.com - 20/10/2014, 13:55 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com -
Orang lanjut usia atau lansia sangat rentan terjatuh dan cedera. Sebenarnya olahraga disarankan untuk melatih kebugaran dan otot lansia sehingga mereka tak gampang jatuh. Meski begitu, tidak semua olahraga bisa dilakukan. Salah satu olahraga yang dianggap aman dan baik untuk lansia adalah berenang.

Tim peneliti di Australia mengamati sekitar 1.700 pria berusia 70 tahun ke atas dan membandingkan jenis olahraga yang mereka lakukan serta kemungkinannya jatuh selama empat tahun. Dalam kurun waktu penelitian itu sekitar 2.700 pria terjatuh.

Para responden dalam penelitian itu yang melakukan olahraga renang ternyata risikonya untuk jatuh berkurang sampai 33 persen. Sebaliknya, mereka yang memilih olahraga golf, senam, berolahraga treadmil atau sepeda statis, risikonya untuk jatuh tak berkurang.

Para peneliti juga menemukan bahwa perenang melakukan lebih baik pada tes "ayunan postural" dibandingkan dengan rata-rata semua pria dalam studi tersebut. Dalam tes keseimbangan berdiri, seseorang diminta untuk berdiri selama mungkin 30 detik, dan peneliti mengukur berapa banyak gerakan tubuhnya di tingkat pinggang dari posisi tengah.

Jatuh adalah masalah kesehatan yang utama pada orang tua. Jatuh dapat menyebabkan patah tulang, trauma kepala dan luka berat lainnya. Bahkan jatuh yang tak terlalu serius dapat menurunkan mobilitas selama mereka dalam pemulihan, dan menyebabkan masalah lain. Satu dari tiga orang berusia 65 tahun atau lebih pernah jatuh setiap tahunnya.

Selama ini olahraga jalan kaki merupakan kegiatan fisik yang paling banyak dilakukan lansia. Tetapi olahraga ini tidak menurunkan risiko jatuh.

Berenang  diketahui menguatkan otot-otot inti dan membuatnya lebih stabil sehingga seseorang tidak mudah jatuh. Bersepeda juga sebenarnya bermanfaat untuk keseimbangan. Pada dasarnya setiap jenis olahraga memiliki manfaat berbeda-beda, misalnya menari akan membantu kecepatan dan waktu reaksi.  (Eva Erviana)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.