Kompas.com - 06/11/2014, 19:10 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Pepatah lama yang mengatakan “Anda adalah apa yang Anda makan" memang sangat tepat, terutama kaitannya dengan kesehatan. Pola makan yang buruk tak cuma mengganggu kesehatan organ dalam tapi juga bisa berdampak pada organ luar, yaitu kulit.  

"Gizi yang buruk berpengaruh buruk pula pada kulit seperti halnya merokok", kata Dr Patricia Farris, ahli dermatologi dan penulis “The Sugar Detox”.

Berikut adalah 8 jenis makanan yang berdampak buruk bagi kesehatan kulit:

1. Kue beras
Kue yang terbuat dari tepung beras ini akan menyebabkan gula darah melonjak dan mempercepat pembentukan keriput. Ini terjadi karena tubuh mencerna karbohidrat sederhana yang terkandung dalam kue sama halnya dengan gula. Karbohidrat tersebut diubah menjadi glukosa bisa merusak protein seperti kolagen.

2. Permen
Gula yang terkandung dalam permen bisa menurunkan jumlah kolagen dan elastin, protein yang menjaga kulit tetap lembut, kenyal, dan kencang.

3. Sereal “sehat”
Meski sereal biasanya mengandung biji-bijian dengan indeks glikemik rendah (tidak cepat menaikkan kadar gula darah), namun sereal juga mengandung gula sehingga pengaruhnya terhadap kerut di kulit akan terlihat.

4. Susu
Minuman ini mungkin baik untuk kesehatan tubuh, tapi batasi asupannya jika Anda ingin mendapat kulit yang sehat. Ini karena susu bisa memengaruhi insulin, menyebabkan peradangan, dan meningkatkan produksi minyak. Akibatnya pori-pori tersumbat sehingga wajah lebih gampang berjerawat atau komedo.

5. Keripik
Hobi menghabiskan sebungkus keripik ternyata bisa meningkatkan peradangan yang dapat merusak kolagen. Karbohidrat yang diolah seperti dalam roti putih atau keripik diketahui merupakan salah satu pencetus jerawat.

6. Minuman mengandung gula
Sebagian besar kelebihan konsumsi gula harian ternyata berasal dari minuman yang mengandung gula, seperti smoothies, jus kemasan, dan juga soda. Kebiasaan ini dapat menyebabkan gula darah berfluktuasi sehingga memicu penuaan dini pada kulit.

7. Makanan siap saji
Selain mengandung indeks glikemik tinggi, makanan siap saji juga sarat lemak jenuh. Bukan hanya menyebabkan kegemukan, kebiasaan mengonsumsi makanan ini juga bisa membuat kulit tampak kusam dan berjerawat.

8. Margarin
Walau lemak sangat penting untuk menjaga kulit lentur, tapi tidak semua jenis lemak sama. Lemak trans yang sering ditemukan pada margarin, justru akan menyerap hidrasi tubuh sehingga mempercepat timbulnya kerutan. (Eva Erviana)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber foxnews
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.