Kompas.com - 11/11/2014, 15:00 WIB
EditorLusia Kus Anna

TANYA:

Saya pria umur 39 tahun, sudah menikah selama 9 tahun dan punya 1 anak, yang ingin saya tanyakan, pada saat berhubungan dengan istri saya seringkali ejakulasi dini. Saya sudah periksa ke dokter dan disuruh senam kegel squezzing, tapi sampai sekarang belum sembuh. Kira-kira apa penyebabnya, bagaimana cara mengatasinya, adakah obat atau olahraga yang bisa menyembuhkannya?

Dewanda, Surabaya

 
JAWAB:

Ejakulasi dini banyak terjadi di masyarakat. Senam Kegel dan cara latihan squeezing merupakan salah satu cara yang dianjurkan. Tetapi tidak semua berhasil dengan cara itu, karena tergantung penyebabnya.

Sejak beberapa tahun terakhir ini semakin terungkap penyebab ejakulasi dini berhubungan dengan serotonin. Karena itu pengobatan ejakulasi dini sekarang lebih ditujukan pada perbaikan fungsi serotonin.

Saya sarankan Anda berkonsultasi lebih jauh untuk mendapat pengobatan karena obat yang diberikan tergolong obat dengan resep dokter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.