Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Senam Kegel Tak Selalu Bisa Atasi Ejakulasi Dini

Kompas.com - 11/11/2014, 15:00 WIB

TANYA:

Saya pria umur 39 tahun, sudah menikah selama 9 tahun dan punya 1 anak, yang ingin saya tanyakan, pada saat berhubungan dengan istri saya seringkali ejakulasi dini. Saya sudah periksa ke dokter dan disuruh senam kegel squezzing, tapi sampai sekarang belum sembuh. Kira-kira apa penyebabnya, bagaimana cara mengatasinya, adakah obat atau olahraga yang bisa menyembuhkannya?

Dewanda, Surabaya

 
JAWAB:

Ejakulasi dini banyak terjadi di masyarakat. Senam Kegel dan cara latihan squeezing merupakan salah satu cara yang dianjurkan. Tetapi tidak semua berhasil dengan cara itu, karena tergantung penyebabnya.

Sejak beberapa tahun terakhir ini semakin terungkap penyebab ejakulasi dini berhubungan dengan serotonin. Karena itu pengobatan ejakulasi dini sekarang lebih ditujukan pada perbaikan fungsi serotonin.

Saya sarankan Anda berkonsultasi lebih jauh untuk mendapat pengobatan karena obat yang diberikan tergolong obat dengan resep dokter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com