ADVERTORIAL

Apakah bantal Anda menyebabkan sakit leher dan bagaimana cara memperbaikinya?

Kompas.com - 20/11/2014, 09:06 WIB
Penulis advertorial
|
Editoradvertorial

Anthony Hugh,  Doctor of Chiropractic and Physical Therapy

Kita semua tahu bahwa penggunaan iPad dan komputer dapat menyebabkan sakit leher karena menyebabkan leher  berada dalam posisi yang salah dan statis. Tetapi yang tidak Anda tahu tentang bantal Anda, mungkin juga dapat menambah masalah.

Sakit leher adalah kejadian umum dan banyak dicari di Google. Berarti banyak orang mungkin menderita sakit leher saat ini. Jika Anda bangun dengan nyeri leher atau mengalami kekakuan pada leher, mungkin disebabkan karena bantal yang Anda gunakan.

Beberapa gejala nyeri leher dapat ditimbulkan dari rasa nyeri sampai sensasi seperti sengatan listrik. Tanda-tanda lain dan gejala yang menyertai sakit leher antara lain seperti mati rasa atau kelemahan otot, dapat membantu menentukan penyebab dari nyeri di leher Anda.

Solusinya, bantal yang Anda gunakan harus tetap dalam posisi lurus sejajar dengan leher Anda dan tidak boleh berada di bawah bahu Anda. Dua posisi tidur yang paling nyaman untuk leher: tidur menyamping atau terlentang. Jika Anda tidur telentang, pilihlah bantal berbentuk bulat untuk mendukung kurva atau lekukan alami leher Anda, cukup menggunakan bantal tipis untuk menyangga kepala Anda. Hal ini dapat dicapai dengan menyelipkan gulungan kecil ke dalam sarung bantal untuk menyangga, bantal yang lembut, atau dengan menggunakan bantal khusus yang memiliki bagian yang  mendukung lekukan leher untuk beristirahat.

Berikut adalah beberapa tips tambahan untuk tidur menyamping dan tidur telentang:

Coba gunakan bantal bulu, yang dengan mudah sesuai dengan bentuk leher. Namun, bantal bulu akan rusak dari waktu ke waktu bagaimanapun, dan harus diganti setiap tahun atau lebih.

Hindari menggunakan bantal yang terlalu tinggi atau bantal yang keras, karena dapat membuat leher tertekuk semalaman dan dapat menyebabkan rasa sakit dan kekakuan pagi hari. Jika Anda tidur menyamping, untuk menjaga tulang belakang Anda tetap lurus, gunakanlah bantal yang lebih tinggi di bawah leher Anda dari kepala Anda.

Ketika Anda berada di pesawat, kereta api, atau mobil, atau bahkan hanya berbaring untuk menonton TV, bantal berbentuk tapal  kuda dapat mendukung leher Anda dan mencegah kepala Anda turun ke satu sisi ketika Anda tertidur. Jika bantal terlalu besar di belakang leher, maka akan memaksa kepala ke depan.

Kebanyakan nyeri leher berlangsung hanya dalam waktu singkat - beberapa jam atau hari. Nyeri leher yang terus menerus dan lebih dari beberapa minggu dianggap masalah. Tetapi sakit leher yang terus menerus dapat dibantu dengan terapi chiropractic dan fisioterapi.

Untuk referensi perawatan chiropractic dan fisitoterapi: www.chiroindo.co.id.

-
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.